Brilio.net - Terdapat banyak media tanam yang dijual di pasaran, mulai dari rockwool, hidroton, zeolit, arang sekam, coco peat, hingga hidrogel. Salah satu media tanam yang mencuri perhatian adalah hidrogel. Media tanam ini memiliki bentuk unik, yakni bulat seperti boba, warna-warni, dan tampak berair.

Hidrogel sendiri merupakan kristal polimer yang menampung air dan nutrisi dalam jumlah besar. Bahkan, hidrogel juga dapat menampung air dan nutrisi dalam jangka waktu yang cukup lama, sehingga tanaman yang akan ditanam dalam hidrogel tidak akan mati kekeringan walaupun tidak disiram air.

Media tanam ini cocok digunakan di dalam ruangan dan terlihat cantik sebagai pajangan. Jenis tanaman yang cocok ditanam dengan hidrogel diantaranya, bukan tanaman berkayu, tidak memerlukan terlalu banyak sinar matahari, membutuhkan tingkat kelembaban tinggi, serta bukan termasuk tanaman yang berbuah tidak berbunga.

Nah, berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, inilah tanaman-tanaman yang cocok ditanam dengan hidrogel pada Jumat (14/5).

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

1. Heart-leaf philodendron.

tanaman dengan hidrogel © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@botanicalbaddie

Tanaman ini memang paling sering dijadikan tanaman hias di dalam ruangan maupun luar ruangan seperti taman. Untuk menanam heart-leaf philodendron ini perlu diperhatikan lagi karena memiliki beberapa jenis.

Ada heart-leaf philodendron yang besar dan tinggi, namun ada juga yang bentuknya kecil, tapi merambat.

2. Snake plant (lidah mertua mini).

tanaman dengan hidrogel © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@kulineromcihuy

Lidah mertua merupakan salah satu tanaman hias yang sangat populer di kalangan masyarakat dan mudah dijumpai di berbagai tempat. Biasanya, lidah mertua ini ditanam dalam pot yang ukurannya menyesuaikan dengan besar kecilnya tanaman ini.

Beberapa orang ada yang meletakkan tanaman ini di sudut ruangan atau diletakkan bersama tanaman-tanaman lain di teras rumah. Lidah mertua yang hanya memerlukan sedikit air dan cahaya matahari ini juga cocok ditanam dengan menggunakan hidrogel.

Berbeda dari lidah mertua biasanya yang berukuran besar dan akan membutuhkan banyak hidrogel, lidah mertua jenis snake plant ini lebih cocok ditanam menggunakan hidrogel dan dipajang di atas meja. Snake plant tidak akan memakan banyak tempat dan terlihat cantik sebagai pajangan.

3. Bambu cina (Dracena sp).

tanaman dengan hidrogel © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@florakita.id

Tanaman bambu cina memang sangat populer di Indonesia dan biasanya ditanam dalam pot-pot di pekarangan rumah.

Bentuk dari tanaman ini pun beragam, mulai dari yang disusun lurus hingga dibentuk seperti hati. Bentuknya yang unik dan kecil ini cocok ditanam dengan hidrogel.

4. Daun sirih merah.

tanaman dengan hidrogel © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@rulantplants

Selain bentuknya yang cantik, daun sirih merah juga dikenal memiliki beragam manfaat. Keuntungan memiliki sirih merah ini diantaranya dapat menjadi obat mimisan, sariawan, hingga gusi berdarah.

Daun sirih merah ini cocok ditanam dengan hidrogel karena bentuknya yang cantik dan memiliki beragam manfaat.

5. Kuping gajah (Anthurium).

tanaman dengan hidrogel © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@mitraflora

Seperti halnya tanaman lain yang memiliki berbagai jenis, kuping gajah juga memiliki beragam tipe. Terdapat kuping gajah yang memiliki daun sangat lebar dan ada pula yang berdaun kecil.

Jenis kuping gajah yang cocok ditanam dengan hidrogel adalah kuping gajah yang berdaun kecil dan memiliki bunga.

6. Sri rejeki (Aglonema).

tanaman dengan hidrogel © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@zahrazidane

Aglonema sangat populer di Indonesia dan memiliki lebih dari 30 jenis. Aglonema cocok ditanam bagi para pemula yang baru mencoba untuk merawat tanaman.

Alasannya adalah aglonema mampu tumbuh dalam berbagai kondisi ruangan. Bahkan, tanaman ini juga akan tetap hidup dengan ruangan yang minim sinar cahaya matahari.

7. Daun dollar.

tanaman dengan hidrogel © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@kebunkukediri

Ciri khas unik dari daun dollar adalah daunnya tumbuh sejajar di sepanjang batangnya dengan jarak yang agak jauh. Daun dollar pun cocok ditanam dengan menggunakan hidrogel.

Alasannya adalah dapat beradaptasi dengan suhu udara tropis hingga sub tropis, serta bentuknya yang cantik cocok digunakan sebagai pajangan.

8. Rumput hias.

tanaman dengan hidrogel © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@siwi_indah

Tanaman ini cocok ditanam di dalam ruangan dan menggunakan hidrogel karena dapat mempercantik tampilan. Sebelum memilih rumput hias sebagai tanaman hias di dalam ruangan, perlu memperhatikan pula jenis-jenis rumput hias yang akan ditanam.

Rumput hias memiliki beragam jenis, ada yang berbatang tinggi dan berdaun tipis-kecil, berdaun lebar dan berbatang pendek, serta ada pula yang berdaun ungu.

9. Sayuran.

tanaman dengan hidrogel © 2021 brilio.net

foto: istimewa

Tak hanya tanaman hias saja yang cocok ditanam dengan hidrogel, sayur-sayuran pun bisa ditanam dan cocok menggunakan media tanam tersebut. Tanaman seperti selada, kangkung, seledri, mint, dan rosemary bisa dicoba untuk menggunakan hidrogel.

(brl/far)