Brilio.net - Banyak cara untuk mempercantik interior rumah. Salah satunya bisa memanfaatkan tanaman hias. Terlebih lagi sekarang ini, tanaman hias sedang naik daun. Walhasil pilihan tanaman hias pun semakin bergam. Jadi kamu bisa memiliki banyak pilihan untuk menata rumah dengan tanaman hias. Tak hanya banyak pilihan, cara merawatnya yang mudah.


Banyak yang menganggap tanaman hias juga dapat menciptakan suasana yang sejuk dan menenangkan. Tanaman hias indoor ini biasanya memiliki ukuran yang kecil, bentuknya lucu, dan tidak membutuhkan tempat yang luas.


Biasanya jenis tanaman tropis dan semi tropis kerap digunakan sebagai tanaman hias. Beberapa faktor penting seperti kualitas tanah, cahaya, suhu, kelembapan, pot dan pengendalian hama dapat dipertimbangkan sebelum menanam tanaman dalam ruangan. Sepertinya tren tanaman indoor ini tidak akan berubah dalam waktu dekat. Melihat semakin banyak orang yang berbondong-bondong mencari tanaman hias ini. Harga tanaman hias ini juga bervariasi mulai dari Rp 10.000 hingga puluhan juta tergantung jenis tanamannya.


Namun, tak sedikit dari mereka yang bingung memilih jenis tanaman hias yang cocok untuk dekorasi rumah. Hal itu dikarenakan tidak semua tanaman bisa hidup di dalam rumah yang kurang mendapatkan sinar matahari. Sinar matahari merupakan hal yang penting untuk melakukan fotosintesis. Lalu, apa saja jenis tanaman yang bisa tumbuh tanpa sinar matahari?


Kali ini, brilio.net rangkum 9 jenis tanaman hias yang takkan mati tanpa sinar matahari dari berbagai sumber, Senin (12/4). Cocok untuk kamu yang tidak memiliki banyak waktu untuk menjemur tanaman di luar rumah.


1. Bromelia.

Tanaman hias tumbuh tanpa sinar matahari © berbagai sumber

foto: Instagram/@bordasgarden

Bromelia merupakan tanaman yang sempurna untuk tumbuh di dalam ruangan. Sebagian besar varietas tanaman ini tumbuh dengan mudah dalam wadah yang teduh. Tanaman tropis yang satu ini bisa ditanam dimana saja bahkan bisa tumbuh tanpa adanya sinar matahari. Keluarga tanaman hias ini memiliki ciri khas daunnya yang tajam. Bunga yang berwarna-warni membantu tampilan Bromelia semakin menarik untuk dekorasi ruangan.


2. Palem Parlor.

Tanaman hias tumbuh tanpa sinar matahari © berbagai sumber

foto: Instagram/@leafboxplants

Berbeda dengan mayoritas tanaman hias lainnya, tanaman Palem Parlor ini justru dapat berkembang dengan baik meski di ruangan yang minim penyinaran sekalipun. Hanya saja, tanaman ini harus disiram secara rutin namun tidak berlebihan.


3. Sirih Gading.

Tanaman hias tumbuh tanpa sinar matahari © berbagai sumber

foto: Instagram/@yie.sari

Tanaman sirih gading adalah salah satu tanaman yang mampu tumbuh dalam situasi hampir tidak ada cahaya matahari sama sekali. Selain itu, tanaman ini juga mampu membersihkan udara di sekitarnya.


4. Philodendron.

Tanaman hias tumbuh tanpa sinar matahari © berbagai sumber

foto: Instagram/@plantpusherr

Philodendron merupakan tumbuhan yang banyak dijumpai di hutan tropis seperti di Indonesia. Tanaman ini, dapat tumbuh secara merambat berbentuk semak. Untuk menjaga kesegarannya, philodendron justru tidak butuh cahaya matahari langsung. Tak heran apabila tanaman ini bisa hidup dalam ruangan ber-AC sekalipun.


5. Sansevieria.

Tanaman hias tumbuh tanpa sinar matahari © berbagai sumber

foto: Instagram/@plantitamx

Tanaman hias indoor lainnya yaitu Sansevieria atau sering disebut tanaman Lidah Mertua. Tanaman lidah mertua memiliki bentuk daun memanjang dan runcing dengan tekstur keras dan tebal. Tanaman yang bisa tumbuh tanpa sinar matahari ini dipercaya menghasilkan banyak oksigen dan juga efektif menyerap karbon monoksida dan karbon dioksida di dalam ruangan. Cara perawatannya cukup dengan disiram satu hingga dua kali dalam seminggu.


6. Spider Plant.

Tanaman hias tumbuh tanpa sinar matahari © berbagai sumber

foto: Instagram/@oddlypotted

Tanaman yang memiliki ordo Asparagales ini memiliki akar berdaging, berumbai dan daun tampak tipis. Spider plant atau biasa dikenal sebagai Lili Paris ini bisa berkembang tanpa adanya sinar matahari. Lili Paris menyukai tempat yang cerah dan tidak terlalu panas.


7. Peace Lily.

Tanaman hias tumbuh tanpa sinar matahari © berbagai sumber

foto: Instagram/@torontoparadiseplants

Peace Lily merupakan tanaman berdaun lebar memanjang. Di antara dedaunan inilah nantinya akan muncul bunga Lily bertangkai bunga panjang. Bunga Lily berbentuk seperti sekop berwarna putih dan berbau harum. Tak heran tanaman ini kerap dijadikan dekorasi dalam ruangan.

 

Cara perawatannya pun cukup mudah, simpan tanaman ini di tempat yang tidak terpapar sinar matahari langsung dan rutin menyiramnya dua hari sekali dengan intensitas air yang relatif rendah. Hal itu dikarenakan jika terlalu lembab dapat menyebabkan akar cepat membusuk.


8. Asparagus Fern.

Tanaman hias tumbuh tanpa sinar matahari © berbagai sumber

foto: Instagram/@sha.ayda

Tanaman Asparagus Fern salah satu tanaman yang sering dijadikan pilihan sebagai tanaman hias indoor. Memiliki bentuk daun bercabang-cabang dengan daun yang sangat kecil membuat tampilan tanaman hias yang satu ini menarik untuk dijadikan alternatif dekorasi rumah. Asparagus Fern membutuhkan ruang dan pot berukuran sedang, nantinya daun-daun kecil tersebut akan berkembang dan tampak indah.


9. Karet Kebo.

Tanaman hias tumbuh tanpa sinar matahari © berbagai sumber

foto: Instagram/@omira.garden

Terakhir Karet Kebo, belakangan ini Karet Kebo cukup populer karena memiliki bentuk yang unik dan dapat dijadikan tanaman hias yang mudah dirawat. Cara memelihara tanaman ini cukup mudah hanya perlu memangkas tanaman ini secara berkala agar terlihat rapi dan tidak terlalu panjang.