Brilio.net - Zebra Plant atau Zebra Cactus jelas merupakan salah satu tanaman hias terbaik. Tanaman zebra terbentuk dalam kelompok daun hijau tua yang tebal dan runcing. Sesuai namanya, tanaman zebra dikenal dengan garis-garis putih yang menutupi daun secara horizontal.

Tanaman zebra juga memiliki nama lain Haworthia. Dilansir dari goodsucculents.com, Haworthia adalah genus yang ditempatkan di bawah keluarga Asphodelaceae, subfamili Asphodeloideae. Genus ini dinamai ilmuwan botani Adrian Hardy Haworth.

Ada kurang lebih 80 spesies Haworthia dan pembedaan antar spesies dilakukan sesuai dengan bentuk dan ukuran daunnya. Berasal dari Afrika Selatan, tanaman zebra dapat bertahan hidup melalui periode panas dan kekeringan yang lama tanpa hujan. Mereka menyesuaikan habitatnya dengan menyimpan air hujan di dalam batang dan daunnya sebagai tanaman sukulen. Sehingga, perawatan tanaman hias zebra ini lebih mudah jika dibandingkan dengan tanaman hias lainnya.

Meski memiliki banyak spesies, ada beberapa jenis tanaman hias zebra yang bisa dijadikan hiasan sudut-sudut rumah atau ruangan kerjamu. Berikut 10 jenis tanaman hias zebra, dilansir brilio.net dari balconygardenweb.com pada Selasa (6/4).

1. Haworthia Glabrata.

Loading...

Jenis tanaman hias zebra © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@kekes_plants

Haworthia Glabrata adalah jenis tanaman zebra yang menampilkan bentuk seperti mawar berwarna terang hingga gelap atau coklat kehijauan. Jenis ini memiliki ukuran daun yang kecil, sempit serta berdaging. Terdapat motif seperti bintik-bintik putih pada daunnya yang mirip dengan corak zebra.

2. Hankey Dwarf Aloe.

Jenis tanaman hias zebra © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@moonshineana

Hankey Dwarf Aloe adalah jenis tanaman zebra yang membentuk roset daun hijau hingga coklat, yang ditutupi dengan tonjolan putih di kedua sisinya. Sekilas jenis ini seperti Haworthia Glabrata namun memiliki corak putih lebih halus dan kecil.

3. Haworthia Radula Variegated.

Jenis tanaman hias zebra © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@azhakazimi25

Berbeda dengan corak daun dari jenis yang sebelumnya, tanaman zebra dengan jenis Haworthia Radula Variegated ini memiliki warna daun berdaging dan berwarna hijau tua, dengan bintik-bintik pola berwarna putih krem, kuning, atau merah muda yang rata dengan benjolan putih di kedua sisi.

4. Haworthia Enon.

Jenis tanaman hias zebra © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@planted_l.a._

Haworthia Enon adalah jenis tanaman zebra sukulen yang berukuran kerdil namun terlihat gemuk pada daunnya. Jenis ini memiliki warna daun hijau tegas yang bisa berubah menjadi warna kuning-merah saat stres, dengan bintik-bintik putih yang menonjol.

5. Big Band.

Jenis tanaman hias zebra © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@berqen.wtf

Tanaman zebra big band memiliki warna daun hijau tua dengan garis putih yang tegas seperti zebra di setiap helai daunnya yang runcing. Seperti namanya, tanaman ini adalah tanaman yang tak lekang oleh waktu karena bentuknya yang indah dan selalu disukai oleh banyak orang untuk dijadikan hiasan rumah.

6. Super White Zebra.

Jenis tanaman hias zebra © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@ariane.lechasseur

Haworthia fasciata 'Super White Zebra' adalah tanaman zebra yang memiliki garis-garis benjolan putih di sisi luar daun hijau yang terlihat gendut atau berdaging. Garis-garisnya sangat jelas dan membuatnya tampak seperti kulit zebra.

7. Alba.

Jenis tanaman hias zebra © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@zeleni.maslacak

Varietas fasciata ini memiliki guratan putih-hijau lebar seperti zebra di bagian luar daun yang berdaging hijau. Ini adalah spesimen yang tampak lebat jika di tanam di dalam pot mini.

8. Royal Albert.

Jenis tanaman hias zebra © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@crasascollection

Jenis selanjutnya dari tanaman zebra yang cocok dijadikan hiasan ruangan yakni Haworthia fasciata 'Royal Albert'. Jenis ini termasuk tanaman zebra yang berukuran kecil. Daunnya runcing berwarna hitam kehijauan gelap, dengan umbi putih menonjol di permukaan daun.

9. Tulista Pumila.

Jenis tanaman hias zebra © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@no.name6961

Tulista Pumila adalah jenis tanaman zebra yang kerap dijuluki sebagai donut. Jenis ini memiliki daun hijau yang dilapisi dengan tuberkel berbentuk donat. Dedaunannya berdaging, keras, tegak, sering berbentuk runcing, dan melengkung.

10. Emperor.

Jenis tanaman hias zebra © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@haworthiahouse

Tulista Pumila 'Emperor' atau tanaman zebra kaisar memiliki daun panjang, runcing, dan berdaging abu-abu kehijauan yang ditutupi dengan bintik-bintik putih bersih serta tidak rata. Disebut kaisar karena jenis tanaman zebra ini tambak kokoh dan berisi.