Brilio.net - Buat kamu para pencinta tanaman, mungkin nggak asing lagi dengan lika-liku yang terjadi dalam perawatannya. Selain bisa menikmati keindahan dari tanaman hias, kamu terkadang juga harus bertemu dengan beberapa kendala yang bisa merugikan tanaman. Mulai dari daun yang layu, perubahan warna, sampai dengan pembusukan akar sering kali terjadi. Sama juga dengan kondisi daun yang berubah menjadi berwarna kuning yang kerap dikeluhkan para pemilik tanaman.

Sabar, tenang dulu, karena kamu bisa kok menyelamatkan koleksi tanamanmu yang mengalami perubahan warna menjadi kuning. Begitu juga jika kondisi itu terjadi pada tanaman lidah mertua. Kamu perlu mengenali penyebab serta tanda-tanda yang muncul saat lidah mertua berubah menguning. Ada banyak faktor yang bisa menjadi penyebabnya, baik dari cara perawatan sampai dengan lokasi penempatan tanaman yang kurang tepat. Nah pahami juga yuk bagaimana cara mengatasinya agar tanaman lidah mertua kembali sehat. Simak selengkapnya dalam ulasan brilio.net dari snakeplantcare.com dan berbagai sumber berikut ini.

Penyebab daun lidah mertua berubah menguning.

Penyebab lidah mertua berubah menguning © Instagram

foto: Instagram/@planttherapyclt

1. Pemberian air yang berlebihan.

Loading...

Jangan terlalu bersemangat saat melakukan penyiraman pada tanaman lidah mertua, justru hal itu bisa menyebabkan daun menjadi kuning dan berujung pada kematian tanaman. Kamu hanya perlu menyediakan air yang cukup dan memastikan drainase yang baik agar kelebihan air dapat mengalir keluar. Perlu kamu ketahui, jika ada air yang tergenang, hal itu akan menyebabkan jamur.

Lakukan penyiraman pada lidah mertua setiap 2 minggu hingga 6 minggu sekali. Atau kamu bisa memastikan kondisi tanah terasa kering ketika disentuh, sebelum mulai melakukan penyiraman.

2. Paparan sinar matahari yang berlebihan.

Paparan sinar matahari yang terlalu kuat akan membuat lidah mertua kehilangan banyak kandungan air. Dengan begitu, akan mengakibatkan daun berubah menguning atau memiliki ujung berwarna cokelat. Akan lebih baik kalau kamu merawat tanaman ini di bawah sinar matahari tidak langsung. Maka pastikan kamu memilih lokasi yang tepat agar lidah mertua tumbuh subur.

3. Kekurangan air.

Pemberian air memang perlu diperhatikan saat kamu merawat lidah mertua. Baik saat berlebihan ataupun kekurangan, sama-sama mengakibatkan dampak kurang baik pada tanaman. Ketika lidah mertua terlalu kekurangan air, kondisi daunnya akan mengering dan juga menguning.

4. Pembusukan akar.

Akar yang membusuk dapat merusak seluruh fungsi akar. Hal ini salah satunya dapat disebabkan oleh pemberian air yang berlebihan. Jika kondisi ini dibiarkan, maka tanaman tidak akan mendapatkan nutrisi yang cukup untuk kelangsungan hidupnya. Selain menyebabkan daun menjadi menguning, kondisi ini juga menimbulkan jamur. Maka waspada, ya!

5. Proses penuaan pada tanaman.

Seperti halnya dengan manusia, tanaman juga mengalami proses penuaan lho. Hal ini pula yang bisa jadi salah satu penyebab daun menguning dan menjadi tanda daun akan segera mati. Tapi kamu nggak perlu khawatir, karena daun-daun baru akan bermunculan setelahnya. Ketika proses penuaan menjadi penyebab daun menguning, kamu nggak perlu terlalu resah karena hal ini wajar terjadi pada tanaman yang pernah hidup sehat.

6. Hama.

Jika penyebabnya dari serangan hama, justru perlu segera kamu atasi. Selain menyebabkan daun menguning, kehadiran hama juga bisa menyebabkan tanaman melemah. Ada banyak jenis hama yang dapat menyerang lidah mertua dan menyebabkan daun menguning, salah satunya adalah kutu putih. Selain menyingkirkan hama secara langsung, kamu juga bisa coba memisahkan tanaman lidah mertua dari tanaman lain.

Cara mengatasi lidah mertua yang menguning.

Penyebab lidah mertua berubah menguning © Instagram

foto: Instagram/@nutmeg.plants

1. Pemilihan lokasi yang tepat jadi solusi yang bisa kamu lakukan dengan mudah. Semakin baik pencahayaannya, maka akan semakin baik lokasi tersebut. Berikan tanaman lidah mertua paparan cahaya tidak langsung dengan kekuatan teduh.

2. Selanjutnya kamu bisa mengatasi dengan menggunakan obat jamur sesuai dengan kebutuhan.

3. Pastikan juga air yang kamu berikan sudah dalam takaran yang tepat. Jangan lupa juga, awasi kondisi tanah yang digunakan lidah mertua agar menunjang kesehatannya.

4. Berikan pupuk dengan tepat tanpa perlu berlebihan agar dapat memberikan nutrisi yang tepat pada tanaman.

5. Kemudian, berikan perhatian pada akar, terutama jika mengalami pembusukan. Kamu bisa mendukung cara ini dengan memangkas daun yang rusak ataupun melakukan tahapan repotting pada tanaman.

6. Pengaturan suhu yang sesuai dengan kebutuhan tanaman juga mampu memperbaiki kondisi tanaman yang mengalami kerusakan. Hal ini bisa berkaitan dengan pemilihan lokasi tanaman.

7. Berikan perhatian yang lebih pada tanaman lidah mertua terutama ketika cuaca dingin. Pasalnya, tanaman akan membutuhkan lebih banyak cahaya selama musim dingin.

8. Jagalah kebersihan tanaman. Meski sepele, namun hal ini menghindarkan tanaman dari serangan berbagai penyakit.

9. Ketika cuaca di area outdoor mulai dingin, disarankan untuk memindahkan lidah mertua ke area dalam ruangan. Pasalnya, suhu yang terlalu dingin tidak cocok untuk tanaman hias ini.