×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
9 Cara membersihkan kotoran telinga beku dengan aman dan benar

View Image

0

BRILIO » Wow

9 Cara membersihkan kotoran telinga beku dengan aman dan benar

Tambahan informasi penting nih, guys!

04 / 02 / 2019 12:30

Brilio.net - Telinga merupakan salah satu panca indera manusia. Telinga sangat penting bagi manusia. Telinga tidak hanya berfungsi sebagai alat pendengaran, telinga juga berfungsi sebagai saraf mempertahankan keseimbangan tubuh.

Pasalnya telinga memiliki tabung faringotimik atau Eustachius yang adak di tengah, tabung tersebut berfungsi untuk menyamakan tekanan udara di atmosfer dengan tekanan udara di telinga.

Telinga senantiasa harus selalu dijaga, termasuk dari kotoran yang masuk setiap harinya. Ketika kamu merasa tidak nyaman dengan telingamu, mungkin ada sesuatu yang mengganjal di telinga, atau mungkin ada kotoran yang menumpuk di telinga.

Kotoran telinga adalah masalah umum yang sering terjadi. Tetapi apabila tidak ditangani secara tepat waktu, maka hal itu bisa menyebabkan kompilasi.

Sering kali ketika kotoran telinga mengeras, akan sulit untuk membersihkannya. Oleh karena itu solusi untuk menghilangkan kotoran telinga dengan mencoba melembutkannya terlebih dahulu, kemudian baru dikeluarkan dari dalam telinga.

Loading...

Berikut sudah brilio.net rangkum beberapa cara membersihkan telinga dengan aman dan benar dari berbagai sumber pada Senin (4/2).

1. Minyak kelapa.

bersihkan telinga pinterest

foto: pinterest

Minyak kelapa sangat bermanfaat untuk membersihkan kotoran telinga. Sebab minyak kelapa mengandung asam lemak sehingga dapat digunakan tanpa rasa khawatir sama sekali. Minyak kelapa juga merupakan bahan alami dan efektif mampu melawan mikroba sehingga bisa menurunkan resiko infeksi.

Caranya panaskan secukupnya satu sendok makan minyak kelapa, kemudian tuangkan beberapa tetes perlahan ke telinga yang sakit. Diamkan selama 10 menit, setelah itu miringkan kepalamu untuk menghilangkan kotoran yang sudah meleleh. Kamu bisa mengulang cara ini jika diperlukan.

2. Minyak almond.

bersihkan telinga pinterest

foto: pinterest

Minyak almond berfungsi sebagai pelumas untuk membantu menghilangkan kotoran telinga. Minyak almond mampu melembutkan kotoran di dalam telinga, sehingga dengan mudah bisa menghilangkannya.

Caranya panaskan secukupnya minyak almond. Setelah dipanaskan masukkan minyak almond ke dalam pipet. Kemudian teteskan ke dalam telinga. Miringkan kepalamu agar kotoran bisa keluar dari dalam telinga dengan sendirinya.

3. Baby Oil atau minyak bayi.

bersihkan telinga pinterest

foto: pinterest

Minyak bayi adalah pelembab dan pelumas yang efektif untuk melembutkan kotoran telinga dalam waktu singkat. Minyak bayi adlah minyak mineral dengan tambahan aroma wangi yang menyenangkan.

Caranya siapkan minyak bayi, pipet penetes, dan bola kapas. Masukkan beberapa tetes minyak bayi dengan pipet atau bola kapas ke dalam telinga yang tersumbat. Kemudian tutup lubang telinga menggunakan bola kapas lainnya. Diamkan selama beberapa waktu, kemudian lepaskan vila kapas dari telinga.

4. Baking soda.

bersihkan telinga pinterest

foto: stylecraze

Baking soda merupakan terapi alami yang bisa membersihkan kotoran telinga. Baking soda juga bisa sebagai antiseptik yang juga akan melunakkan kotoran telinga dan mampu mencegah penumpukan kotoran telinga di kemudian hari.

Siapkan 1/4 sendok teh baking soda, 2 sendok teh air, dan kain lembut. Caranya campurkan baking soda dengan air. Tuangkan beberapa tetes ke dalam telinga menggunakan pipet. Biarkan selama beberapa menit. Kemudian miringkan kepalamu untuk menghilangkan kotoran telinga yang sudah meleleh. Setelah itu kamu bisa membersihkan telinga dengan kain lembut.

5. Minyak apel.

bersihkan telinga pinterest

foto: pinterest

Minyak apel memiliki sifar antibakteri dan antijamur sehingga bisa digunakan untuk mengatasi mikroba berbahaya yang mungkin berada di saluran telingamu. Keasaman ringan yang terkandung dalam minyak apel mampu melarutkan kotoran telinga dan menghilangkannya.

Caranya campurkan minyak apel dengan air, kemudian teteskan pada telinga. Kemudian diamkan beberapa menit, miringkan kepalamu agar kotoran bisa keluar dengan sendirinya. Kamu bisa mengulangi cara ini jika kotoran masih terasa.

6. Air garam.

bersihkan telinga pinterest

foto: stylecraze

Air garam mampu membantu melarutkan kotoran di telinga. Siapkan air garam dan kapas lembut dan bersih. Caranya campurkan 1 sendok makan garam ke dalam air. Basahi kapas dengan air garam tersebut. Kemudian teteskan beberapa tetes air garam ke dalam telinga. Tutup telinga dengan kapas lainnya.

7. Minyak bawang putih.

bersihkan telinga pinterest

foto: pinterest

Minyak bawang putih adalah salah satu cara mudah untuk membersihkan telinga dengan tepat. Minyak bawang putih mengandung antibiotik yang mampu membantu telinga yang sudha mencapai tahap sakit karena kotoran menumpuk di telinga.

Caranya ambil 3 siung bawang dan panaskan dengan minyak hingga sedikit menghitam. Setelah bawang putih sudah meresap minyak, remas secara perlahan agar minyak dalam bawang menetes keluar. Keasaman teteskan hasil minyak tersebut ke dalam telingamu.

8. Air hangat.

bersihkan telinga pinterest

foto: stylecraze

Menyiramkan air hangat ke dalam telinga yang tersumbat kotoran adalah salah satu solusi membersihkan telinga. Air hangat mampu melembutkan kotoran telinga yang mengeras dan menghilangkan debu, minyak, dan lain sebagainya, sehingga membuat telingamu bersih secara menyeluruh.

Caranya mudah, siram air hangat ke dalam telingamu, diamkan beberapa menit. Kemudian miringkan kepalamu agar kotoran yang sudah meleleh bisa keluar dengan sendirinya. Kamu bisa mengulangi cara ini jika diperlukan.

9. Alkohol dan cuka.

bersihkan telinga pinterest

foto: stylecraze

Campuran alkohol dan cuka mampu melarutkan kotoran telinga. Alkohol berfungsi sebagai bahan pengeringan, alkohol juga mampu menguap ketika dalam suhu rendah. Sedangkan cuka memiliki sifar astringen dan mampu melawan infeksi mikroba.

Siapkan masing-masing satu sendok teh. Kemudian campurkan kedua bahan tersebut, lalu teteskan pada telinga. Kamu bisa mengulangi cara ini setiap beberapa minggu untuk menjaga telinga supaya bersih dan bebas dari infeksi.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    100%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more