Brilio.net - Pernahkah telinga kalian kemasukan air ketika mandi atau bermain di air? Walaupun sedikit, air yang ada di telinga amatlah mengganggu. Ketajaman pendengaran kita dapat menurun dan suara dengungan di telinga akan mengganggu aktivitasmu.

Biasanya air yang terjebak di telinga dapat keluar dengan sendirinya. Namun jika tidak dapat keluar, akan menimbulkan infeksi pada telinga. Wah berbahaya juga ya. Tenang, ada beberapa cara untuk mengatasi air yang menyumbat telinga.

1. Goyangkan cuping telingamu.

mengeluarkan air dari telinga © istimewa

Kamu dapat menggoyangkan cuping telingamu sambil menggerakkan kepala ke atas dan ke bawah. Menggeleng-gelengkan kepala juga dapat mengeluarkan air di telinga dengan mudah.

Loading...

2. Biarkan gravitasi mengeluarkan air dari telingamu.

mengeluarkan air dari telinga © istimewa

Kamu dapat memiringkan tubuhmu dan posisikan telinga yang kemasukan air di sisi bawah. Jangan lupa lapisi telingamu dengan handuk. Air akan mengalir keluar dengan sendirinya.

3. Kompres dengan air hangat.

mengeluarkan air dari telinga Headline © istimewa

Air bisa saja terjebak di tabung eustachius telinga, alhasil sangat susah dikeluarkan. Untuk membantu mengeluarkan air dari bagian tersebut, maka mengompres dengan air hangat akan sangat membantu. Caranya letakkan handuk yang sudah dicelup pada air hangat di daerah sekitar telinga. Tunggu air hingga keluar.

4. Gunakan pengering rambut.

mengeluarkan air dari telinga © istimewa

Pengering rambut dapat membantu menguapkan air yang terjebak dalam telingamu. Setel pengering rambutmu pada kekuatan terendah agar tidak membuat telinga kepanasan. Biarkan angin panas memasuki lubang telingamu agar air dapat mengalir keluar.

5. Coba gunakan minyak zaitun.

mengeluarkan air dari telinga © istimewa

Minyak zaitun berfungsi untuk menangkal infeksi jika air tak kunjung keluar. Teteskan minyak zaitun di telinga dan lakukan sit up hingga minyak dan air mengalir keluar.

6. Tetesi dengan alkohol dan cuka.

mengeluarkan air dari telinga © istimewa

Campuran alkohol dan cuka dapat membantu air menguap dari telingamu.Teteskan campuran tersebut pada telinga dan tunggu hingga 30 menit. Maka perlahan air akan keluar dari telingamu.

7. Kunyahlah sesuatu. 

mengeluarkan air dari telinga © istimewa

Ketika air terperangkap dalam tabung eustachius, menggerakan mulut terkadang dapat membantu membuka tabung tersebut. Kunyahlah permen karet untuk dapat mengurangi tekanan tabung eustachius di dalam telinga, sehingga air dapat keluar dengan sendirinya.

8. Lakukan manuver valsalva.

mengeluarkan air dari telinga © istimewa

Bagaimana cara melakukan manuver valsalve? Mudah saja. Tutup lubang hidungmu, ambil nafas dari mulut, lalu hembuskan udara melalui hidungmu yang tertutup. Jika mendengar suara getaran di telinga, itu berarti tabung eustachius telah terbuka. Air akan keluar dengan sendirinya. Namun metode ini harus dilakukan dengan hati-hati agar tidak merusak gendang telinga.

9. Gunakan uap hangat.

mengeluarkan air dari telinga © istimewa

Uap hangat dapat membantu mengeluarkan air dari tabung eustachius. Cobalah mandi air panas dan hangatkan telingamu dengan semangkuk air hangat.

10. Datanglah ke klinik.

mengeluarkan air dari telinga © istimewa

Jika segala cara sudah dilakukan, namun tak kunjung mengeluarkan air dari telinga, maka lebih baik datang ke klinik khusus telinga. Di sana kamu akan mendapatkan terapi sesuai masalah yang kamu alami.