Brilio.net - Akhirnya libur lebaran tiba, yeay! Waktunya bersilaturahmi dengan sanak saudara, kawan, dan tetangga sekaligus saling bermaafan. Tapi saking sibuknya keliling bersilaturahmi, urusan rumah ditinggalin sampai numpuk.

Misalnya perabotan rumah ada yang ditempatkan asal sehingga nggak rapi, debu-debu menempel di perabotan dan lantai rumah, dan sebagainya. Tapi kamu kudu stay calm, guys. Habis diuji kesabaran dan hawa nafsu di bulan Ramadan masa mau langsung menodainya di awal bulan Syawal?

Nah, mending kamu baca trik keseharian yang udah brilio.net kutip dari akun Facebook @joiideaban berikut ini. Dijamin kamu nggak makin pusing selama menikmati libur lebaran. Selamat mencoba!

1. Rak sepatu dan sandal dari hanger.

Kalau kamu punya hanger berlebih atau bekas di rumah, mending gunakan untuk rak sepatu dan sandal. Daripada harus kamu buang, kan?

2. Lilin biar nggak mewek pas ngupas bawang.


Ngupas bawang memang jadi 'momok' tersendiri bagi cewek. Soalnya bikin nangis padahal hati nggak sedih. Nah, biar nggak nangis, kamu bisa meletakkan lilin menyala di dekat kamu mengupas bawang.

3. Solasi untuk perlindungan pergelangan kaki atau tumit.

Kamu yang sering mengalami luka lecet di area belakang pergelangan kaki akibat gesekan dengan permukaan dalam kaki, jangan ulangi kesalahan yang sama.

Kamu bisa mengakalinya dengan memasang solasi menutupi pergelangan kakimu sebelum menggunakan sepatu atau sandal bertali. Dengan begitu, kamu bisa berjalan dengan nyaman selama bersilaturahmi dengan saudara dan tetangga.

4. Gantungan penahan iPad.

Kalau kamu capai megangin iPad, kamu bisa memanfaatkan gantungan yang tertempel di dinding. Kasihan tanganmu sibuk ngutak-ngatik iPad terus.

5. Hair dryer biar sepatu melar.

Kamu yang suka pakai sepatu dilapisi kaus kaki dulu, pasti ngerasa sepatu lebih ketat atau sesak. Nah, biar terasa longgar gunakan hair dryer ketika kamu sudah menggunakan kaus kaki dan sepatu. Boleh dicoba, ya!

6. Cara bikin furnitur kayu kinclong.

Lebaran tiba bikin kamu pengen semuanya serba bersih dan kinclong walaupun nggak beli baru. Nah, biar kursi atau perabotan kayumu tampak mulus dan mengilat seperti baru beli, cobain campuran cuka dan minyak sayur untuk menghapus goresan di permukaannya.

7. Sendok khusus buat memisahkan kuning dan putih telur.

Sendok ini bermanfaat banget buat kamu yang mau bikin kue lebaran. Ada beberapa kue lebaran yang bahan dasarnya telur tapi butuh dipisahkan antara kuning dan putihnya. Nah, pakai sendok seperti di gambar aja. Atau bikin sendiri dengan memastikan badan sendoknya itu cekung biar kuning telur tetap utuh.

KLIK JUGA: 17 Tips sederhana sehari-hari ini bisa membuat hidupmu lebih mudah

8. Hanger buat penahan tablet.

Ini membantu banget! Seharian habis keliling ke sanak saudara buat bermaaf-maafan, giliran istirahat sambil online atau streaming tanpa tangan capai dengan cara seperti di gambar. Kreatif banget ya, yang nemu ide ini?

Kreatif banget ya idenya...KLIK NEXT untuk meneruskan.

2 dari 2 halaman


9. Bikin pita cantik untuk hiasan.

Nah, kamu yang pengen menghias stoples kue lebaran atau bikin kartu ucapan lebaran lucu, boleh banget dikasih hiasan pita kayak di foto. Biar hasilnya rapi, kamu bisa pakai bantuan garpu. Gampang, kan?

10. Bikin hanger sendiri.

Kamu yang bosan dengan model hanger gitu-gitu aja, bisa lho bikin sendiri. Cuma bermodal kardus bekas kamu bisa bikin hanger cantik seperti di foto. Koleksi hanger untuk koleksi bajumu jadi bervariasi, deh.

11. Hanger untuk gantungan cangkir.

Bingung mau naruh cangkir di mana? Manfaatkan aja hanger yang udah dimodifikasi dipasangin gantungan biar bisa buat naruh cangkir seperti di foto.

12. Hanger buat penjepit kertas.

Rasanya hanger memang bisa multifungsi ya, guys? Kali ini hanger dengan penjepit di kedua ujungnya bisa bantuin kamu menahan kertas resep masakan. Wah, kegiatan bikin masakan lebaran nggak repot lagi, nih.

13. Plastik rambut hotel untuk pelindung atau wadah sepatu.

Plastik rambut yang sering kamu temui di hotel itu bukan cuma buat melindungi rambutmu pas mandi, lho. Kamu bisa gunakan untuk wadah atau pelindung sepatu ketika kardusnya udah rusak.

14. Tips biar tulisan nggak pudar.

Kamu yang sering mengirim paket, tulisan nama dan alamatnya jadi bagian penting yang harus dilindungi. Nah, biar tulisan pulpen atau hasil cetak printer nggak memudar, gosoklah tulisan itu menggunakan lilin. Dijamin tulisan itu terlindungi dari air.

15. Resep bikin jagung rebus enak.

Jagung rebus bisa jadi camilan enak ketika lebaran. Nah, biar makin enak, rebus jagung dengan tambahan susu dan keju. Pasti yummi banget tuh, dimakan bareng keluarga dan teman.

16. Lap dari kaus kaki bekas.

Kain lap kamu kotor semua? Waktunya memanfaatkan kaus kaki bekas untuk membersihkan debu-debu menempel di perabotan rumah. Kamu nggak perlu pusing lagi menyuguhkan suasana bersih dan nyaman untuk tamu yang datang pas lebaran, deh.