Brilio.net - Smartphone memang bisa memanjakan penggunanya dengan berbagai fitur dan aplikasi yang ada. Banyaknya aplikasi pasti akan membuat daya baterai akan cepat habis.

Tak heran jika dalam sehari smartphone bisa di-charge lebih dari sekali. Padahal terlalu sering men-charge smartphone akan membuat daya tahan baterai semakin berkurang.

Tentu kamu ingin menghemat bateraimu kan? Nah, 10 tips yang dilansir brilio.net dari hongkiat.com, Senin (9/5) ini bisa kamu terapkan deh!

1. Matikan mode getar.

tips baterai hemat © 2016 brilio.net

foto: brilio.net

Banyak yang memakai ringtone sekaligus getaran untuk memberitahu adanya panggilan masuk maupun pesan masuk. Ternyata getaran itu membuat baterai cepat terkuras. Bahkan getaran lebih banyak menyedot daya baterai daripada ringtone. Nah, coba deh matikan getar smartphonemu agar daya baterai kamu tetap hemat dan tak terbuang sia-sia. Kamu bisa menggunakan mode getar saat smartphone dalam keadaan di-silent.

2. Kecilkan brightness layar smartphonemu.

tips baterai hemat © 2016 brilio.net

foto: brilio.net

Menggunakan brightness atau kecerahan layar yang tinggi tentu akan menyedot banyak daya baterai smartphonemu. Banyak orang yang tak sadar tentang itu dan merasa nyaman menggunakan smartphone yang sangat terang.

Aturlah brightness layar smartphonemu sesuai kebutuhan. Lebih bagus lagi setting brightness yang paling rendah. Gunakan auto-brightness agar smartphonemu bisa menyesuaikan sendiri kecerahan layar saat berada di luar ruangan.

BACA JUGA: 12 Modus yang harus jombloers hindari kalau nggak mau ditolak gebetan

3. Gunakan time out atau waktu stand by layar smartphonemu yang paling singkat.

tips baterai hemat © 2016 brilio.net

foto: mikeshouts.com

Banyak orang yang tak sadar jika men-setting mode stand by yang terlalu lama sehingga layar smartphone tak terkunci lama meskipun sudah tak dugunakan. Coba aturlah agar layar smartphonemu cepat terkunci saat tak digunakan lagi. Semakin cepat layar smartphone terkunci, maka daya bateraimu semakin tak terbuang sia-sia.

4. Matikan smartphone atau gunakan airplane mode saat smartphone tak digunakan dalam waktu yang lama.

tips baterai hemat © 2016 brilio.net

foto: brilio.net

Matikan smartphone atau gunakan airplane mode saat kamu merasa tak akan menyentuh smartphonemu dalam jangka waktu yang lama seperti saat rapat atau tidur. Selain tak akan mengganggumu, penggunaan mode ini juga akan menghemat daya bateraimu agar tak terbuang percuma.

5. Isilah baterai dengan benar.

tips baterai hemat © 2016 brilio.net

foto: pricebook.co.id

Umumnya ada dua baterai smartphone yang beredar, yaitu Lithium-ion (Li-Ion) serta baterai berbasis nikel: Nickel-Metal Hydride (NiMH) dan Nickel-Cadmium (NiCd).

Baterai yang berbasis nikel akan lebih tahan lama daripada lithium. Jika kamu menggunakan baterai dari bahan nikel, maka biasakan baterai terisi sampai penuh agar tak sering mengisi baterai. Sementara jika bateraimu termasuk berbahan lithium, maka tak masalah kamu mengisi baterai sesering mungkin. Karena mengisi baterai sesering mungkin malah membuat baterai tipe ini tahan lama.

6. Tutup aplikasi yang tak perlu.

tips baterai hemat © 2016 brilio.net

foto: brilio.net

Biasanya banyak pengguna smartphone yang tak menutup aplikasi setelah digunakan dan dibiarkan menumpuk dalam keadaan terbuka. Padahal meski sedikit, aplikasi yang tak ditutup akan memakan daya baterai.

7. Matikan GPS.

tips baterai hemat © 2016 brilio.net

foto: www.123rf.com

Beberapa aplikasi yang menggunakan sistem Global Positioning System (GPS) akan memakan daya baterai lebih besar. GPS memungkinkan pengiriman dan penerimaan sinyal dari dan ke satelit untuk menentukan lokasi smartphone yang kamu bawa sekarang sehingga memakan banyak daya. Matikan aplikasi yang berbasis GPS seperti Google Maps dan beberapa media sosial yang memuat fitur chek-in.

8. Matikan Bluetooth, Wi-Fi, maupun paket data saat tak diperlukan.

tips baterai hemat © 2016 brilio.net

foto: play.google.com

Daya baterai akan digunakan besar untuk mencari sinyal, bluetooth, dan Wi-Fi. Maka matikanlah saat memang tak diperlukan untuk menghemat baterai. Saat kamu tahu sedang berada di daerah yang sulit sinyal, lebih baik terapkan airplane mode agar smartphone tak terus mencari sinyal.

9. Minimalkan pemberitahuan.

tips baterai hemat © 2016 brilio.net

foto: hongkiat.com

Meminimalisasi pemberitahuan dari aplikasi yang tak perlu juga akan membuat baterai smartphonemu tak mudah habis. Setiap pemberitahuan pasti akan memat getar dan menghidupkan layar smartphone. Otomatis semakin hilang pemberitahuan yang tak penting akan membuat daya baterai smartphonemu tak terbuang percuma.

10. Menjaga suhu smartphone agar tetap stabil.

tips baterai hemat © 2016 brilio.net

foto: chipchick.com

Kenyataannya suhu panas smartphone bakal menguras banyak energi baterai daripada saat smartphone dalam keadaan dingin. Jauhkan smartphonemu dari sinar matahari langsung dan tempatkan di posisi yang cukup sejuk agar baterai smartphonemu tak cepat habis. Kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi yang membuat suhu smartphonemu tetap optimal.

Nah, itulah 10 tips yang bisa kamu terapkan agar baterai smartphonemu tak boros. Mudah dipraktikkan,bukan?