1. BRILIO.NET
  2. »
  3. Gadget
Nur Romdlon 30 April 2016 12:07

6 Cara agar iPhone kamu tak mudah dibobol & bisa dilacak jika hilang

Meski sudah didukung dengan fitur keamanan yang andal, tapi kebanyakan orang lalai untuk mengatur fitur keamanan smartphonenya.

Brilio.net - Smartphone saat ini menjadi salah satu perangkat yang tak bisa dilepaskan dari kehidupan manusia. Tak hanya sebagai alat komunikasi, smartphone kini sudah menjadi perangkat yang sangta penting, mulai untuk menyimpan berbagai data, foto, hingga video penting.

Meski sudah didukung dengan fitur keamanan yang andal, tapi kebanyakan orang lalai untuk mengatur fitur keamanan smartphonenya. Nah, jika kamu pengguna iPhone dan ingin meningkatkan keamanan iPhonemu, utamanya agar tak mudah dibobol dan bisa dilacak saat hilang, ada baiknya kamu lakukan 6 langkah yang dilansir brilio.net dari cnet.com, Sabtu (30/4) berikut ini.

BACA JUGA: Ganti talenan dengan perut, aksi chef China ini bikin kamu melongo

1. Gunakan kode sandi yang tak biasa.

Hampir kebanyakan orang telah memasan kode sandi smartphonenya, meskipun ada juga yang tak memasang karena tak mau ribet. Ada baiknya kamu gunakan enam kode sandi yang sudah ada di iOS 9. Enam kode sandi tentu akan mempunyai kekuatan lebih dibandingkan hanya empat kode sandi. Selain itu, jika iPhonemu sudah ada fitur Touch ID, manfaatkanlah fitur sidik jari itu untuk membuat iPhone lebih aman.

Untuk mengaktifkan kode sandi, masuklah ke Settings > Touch ID & Passcode. Lalu aktifkan Passcode On dan masukkan enam kode sandi yang mudah kamu ingat tapi tak mudah ditebak orang lain.

2. Nonaktifkan pilihan layar terkunci.

Meskipun iPhone milikmu sudah diberi kode akses, namun orang yang punya keahlian hack bisa membobol smartpone milikmu dengan memanfaatkan Siri. Hal itu terjadi karena Siri masih bisa memberikan informasi meskipun layar terkunci. Solusinya, ada baiknya kamu matikan siri saat kayar terkunci.

Untuk melakukannya, masuk menu Settings > Touch ID & Passcode. Lalu matikan Siri saat layar terkunci.

3. Membuat iPhonemu terkunci lebih cepat.

Jika iPhonemu tertinggal di restoran, bus, atau tempat umum lainnya, maka orang jahat yang mengambilnya akan mudah untuk masuk ke smartphonemu sebelum terkunci. Menyetting agar smartphonemu terkunci cepat ternyata perlu dilakukan agar hal itu tak terjadi. Jadi dengan disetting cepat terkunci, keamanan iPhone bisa bertamabah. Tentu jika iPhonemu disetting cepat terkunci, itu akan menghindari tangan-tangan temanmu yang usil ingin kepo dengan chat di smartphonemu.

Pengaturan ini dapat ditemukan di Touch ID & Passcode yang berada di menu Settings. Pilihlah Immediately agar iPhonemu bisa terkunci segera.

4. Nonaktifkan Control Center saat layar terkunci.

Cara lain hacker bisa masuk ke akses iPhonemu ketika belum tahu password adalah mengaktifkan Airplane Mode melalui Control Center saat layar terkunci. Dengan disetting Airplane Mode, maka iPhonemu akan tak bisa dilacak melalui fitur Find my iPhone.

Untuk menghindari Control Center bisa diakses saat layar terkunci, masuklah ke Settings > Control Center dan matikan Access on Lock Screen.

5. Hidupkan fitur Find My iPhone.

Banyak pengguna iPhone yang lalai mengaktifkan fitur ini. Padahal ini adalah fitur bawaan iPhone agar saat hilang bisa dilacak keberadaannya. Kamu dengan mudah dapat melacaknya melalui PC atau iPhone lainnya.

Untuk mengaktifkannya, masuklah ke Settings > iCloud. Masuk ke Find My iPhone hidupkan fitur Find My iPhone.

6. Hidupkan verifikasi dua langkah.

Mengaktifkan verifikasi dua langkah ini perlu dilakukan untuk melindungi data yang disimpan di iCloud dan pembayaran untuk iTunes. Dengan mengaktifkan verifikasi dua langkah, maka seseorang harus membutuhkan perangkat lain untuk masuk ke akun di iPhone itu, bahkan meskipun sudah berhasil tahu password iPhone itu.

(brl/pep)

WHAT DO YOU THINK

MORE STORIES


Show More Stories
TOP

Would you like to switch to the English Version?