Brilio.net - Minyak ikan merupakan salah satu suplemen kesehatan yang sering diincar oleh para orang tua, untuk diberikan pada anak-anaknya. Hal ini dikarenakan selain dapat menjaga kesehatan, minyak ikan juga dipercaya bisa meningkatkan kecerdasan anak.

Minyak ikan adalah minyak yang diekstrak dari jaringan ikan. Bukan sembarang ikan, minyak ikan diperoleh dari ikan berlemak atau berminyak, seperti trout, mackerel, tuna, herring, sarden, dan salmon. Minyak ikan mengandung asam lemak omega-3, yaitu EPA (asam eicosapentaenoic) dan DHA (asam docosahexaenoic) yang penting untuk kesehatan manusia. Selain itu, minyak ikan juga mengandung vitamin A dan D.

Kandungan omega-3 pada minyak ikan inilah yang memiliki manfaat bagi otak. Hal ini diutarakan oleh Simon Dyall, peneliti dari Bournemouth University di Inggris. Menurutnya, asam lemak omega-3 dapat memberikan manfaat yang signifikan untuk otak, karena terlibat dalam banyak proses pembentukan otak secara fundamental. Kandungan dalam omega-3 mampu memengaruhi ekspresi gen, stres oksidatif, aliran darah, tingkat neurotransmitter, dan proses dalam otak lainnya seperti produksi neuron baru.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Oxford University pada 2012-2014 pun menunjukkan, anak-anak yang menerima asupan omega-3 memiliki kemampuan membaca yang lebih baik dan lebih cepat, dibanding anak seusianya yang tidak mendapat asupan omega-3. Pada penelitian yang diberi nama DOLAB Study itu juga menemukan, anak-anak yang tercukupi kebutuhan omega-3 memiliki tidur yang lebih baik, yaitu 58 menit lebih lama, dibanding mereka yang tidak.

Selain mampu membantu perkembangan otak pada anak, ada banyak manfaat lain yang bisa didapatkan dari minyak ikan. Berikut 11 manfaat minyak ikan untuk anak, dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (16/2).