Cara aman konsumsi minyak ikan untuk anak.

Manfaat minyak ikan untuk anak © 2023 brilio.net

foto: pixabay.com

Meskipun memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, mengonsumsi minyak ikan juga tak boleh sembarangan agar manfaat yang didapatkan jadi optimal. Berikut ini adalah beberapa cara aman untuk memberikan minyak ikan pada anak:

1. Konsultasikan dengan dokter.

Sebelum memberikan suplemen minyak ikan pada anak, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter anak. Dokter dapat memberikan informasi dan saran tentang dosis yang tepat dan apakah ada efek samping yang perlu diperhatikan.

2. Pilih suplemen yang aman.

Pilih suplemen minyak ikan yang aman untuk dikonsumsi oleh anak, misalnya yang sudah teruji dan memiliki sertifikasi dari badan pengawas obat-obatan.

3. Berikan sesuai dosis yang dianjurkan.

Berikan suplemen minyak ikan sesuai dengan dosis yang dianjurkan oleh dokter atau pada label kemasan. Jangan memberikan dosis yang lebih tinggi dari yang dianjurkan, karena dapat menyebabkan efek samping.

4. Berikan bersama makanan.

Berikan suplemen minyak ikan bersama makanan, agar dapat membantu penyerapan nutrisi dan mengurangi risiko efek samping seperti gangguan pencernaan.

5. Perhatikan efek samping.

Jika anak mengalami efek samping setelah mengonsumsi minyak ikan, seperti mual, diare, atau mulut kering, sebaiknya hentikan penggunaan dan konsultasikan dengan dokter.

6. Simpan dengan benar.

Simpan suplemen minyak ikan pada tempat yang kering dan sejuk, jauh dari sinar matahari dan jangkauan anak-anak.

7. Kombinasikan dengan pola makan sehat.

Selain memberikan suplemen minyak ikan, pastikan anak juga mendapatkan asupan nutrisi dari makanan yang sehat dan seimbang, seperti ikan laut yang kaya akan asam lemak omega-3, sayuran, buah-buahan, dan sumber protein lainnya.