Brilio.net - Bulan Ramadhan merupakan bulan mulia bagi dan istimewa bagi umat Islam. Banyak peristiwa penting terjadi di bulan Ramadhan yang mempengaruhi Islam hingga sampai saat ini. Contohnya saja, bulan Ramadhan merupakan bulan diturunkannya wahyu pertama kali kepada Nabi Muhammad SAW, berupa Alquran surat Al-Alaq ayat 1 sampai 5.

Tak hanya itu banyak juga peristiwa penting lainnya yang terjadi pada bulan ini. Sehingga membuat makna bulan Ramadhan sangat penting bagi umat Islam di seluruh dunia. Sebagai umat Islam, kesempatan ini harusnya tidak disia-siakan. Pahala di bulan Ramadhan memiliki keistimewaan dibanding dengan bulan lainnya. Di bulan yang penuh keberkahan ini semua amalan dilipat gandakan pahalanya. Ramadhan dimaknai dengan sejuta kemuliaan.

Untuk mengisi bulan yang mulia ini, umat Islam dianjurkan melakukan amalan. Hindari godaan-godaan setan yang sekiranya dapat membatalkan niat ibadah kamu. Berikut 11 amalan di bulan Ramadhan, untuk raih keberkahan, seperti brilio.net himpun dari berbagai sumber pada Sabtu (25/4).

1. Melakukan sholat lima waktu.

foto: freepik.com

Seperti yang dipercayai Muslim, sholat adalah tiang agama. Jika kamu melaksanakan sholat tepat waktu dan juga tanpa putus saat bulan Ramadhan kamu akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda. Selain itu satu rakaat sholat di bulan Ramadhan ini juga lebih berkah dibandingkan seribu rakaat di bulan lainnya.

2. Memperbanyak sedekah.

foto: freepik.com

Perbanyaklah sedekah terutama di bulan Ramadhan. Islam mengajarkan umatnya untuk berbagai kebaikan dan mengamalkan kebaikan dengan ikhlas. Dalam suatu hadist disampaikan "Maukah kamu aku tunjukkan pada pintu-pintu kebaikan? Puasa adalah perisai dan sedekah akan memadamkan kesalahan sebagaimana air memadamkan api, dan sholat seorang laki-laki pada pertengahan malam." (HR. Ahmad, al-Tirmidzi, dll)

3. Tadarus dan menghatam AlQuran.

foto: freepik.com

Tadarus atau membaca Alquran memiliki kemuliaan besar di bulan Ramadan. Membaca satu huruf Alquran akan diberikan sepuluh kebaikan. Nabi Muhammad SAW bersabda dalam hadisnya, yang berbunyi, "Nabi Muhammad SAW: puasa dan Alquran keduanya akan memberikan syafa’at kepada seorang hamba pada hari kiamat…,” (HR. Ahmad dan Al-Hakim).

4. Melakukan zikir.

foto: freepik.com

Amalan bulan Ramadhan yang dapat dilakukan selain puasa selanjutnya adalah zikir. Keistimewaan dzikir sesungguhnya pada malam dan siang Ramadhan merupakan waktu-waktu yang mulia dan utama.

Bulan Ramadhan, seluruh waktu memiliki kemuliaan. Dari pagi hingga malam hari. Maka dari itu perbanyaklah berzikir dan mohon ampun kepada Allah. Allah pernah berfirman di Alquran surat Al-Dzaariyat ayat 18, yang artinya: - Beristighfar di waktu sahur, seperti yang Allah firmankan, "Dan di akhir-akhir malam mereka memohon ampun (kepada Allah)." (QS. Al-Dzaariyat: 18)

5. Melakukan sholat tarawih.

foto: freepik.com

Selain sholat wajib lima waktu, sholat tarawih juga sebaiknya dilakukan saat bulan Ramadhan. Sebab ibadah satu ini merupakan ibadah yang sangat khas yang hanya dilaksanakan saat bulan Ramadhan. Sholat tarawih merupakan salah satu amalan di bulan Ramadhan yang pahalanya tidak kalah berlipat-lipat besarnya.

Selain bisa mendapatkan pahala ganda, sholat tarawih juga sangat disarankan untuk menjalin silaturahmi dengan tetangga, terutama saat mengikuti ibadah shalat Tarawih berjamaah di masjid.

2 dari 2 halaman

6. Mendekatkan diri pada Allah atau Itikaf.

foto: freepik.com

Salah satu amaliah yang dicontohkan oleh nabi Muhammad SAW di bulan Ramadhan adalah mendekatkan diri kepada Allah dengan cara i'tikaf di masjid, yaitu berdiam diri dengan cara berzikir dan membaca Alquran di Masjid. Dari Ibnu Umar RA (diriwayatkan bahwa) ia berkata: Rasulullah SAW selalu beri'tikaf pada sepuluh hari yang penghabisan di bulan Ramadhan." (HR. al-Bukhari No. 2025 dan Muslim No.2838).

7. Sholat tahajud.

foto: freepik.com

Sholat tahajud merupakan sholat sunnah yang dikerjakan pada sepertiga malam. Sholat malam merupakan ibadah yang memiliki banyak pahala di bulan biasa. Apalagi kalau dikerjakan saat bulan Ramadhan. Sholat tahajud ini dikerjakan sedikitnya dua rakaat dan sebanyaknya tidak terbatas.

Hadist Nabi berbunyi yang diriwayatkan oleh Aisyah Radhiyallahu`anhu berkata, "jangan tinggalkan sholat malam, karena sesungguhnya Rasulullah SAW tidak pernah meninggalkannya. Apabila beliau sakit atau melemah maka beliau sholat dengan duduk.” (HR. Abu Dawud & Ahmad)

8. Bertaubat.

foto: freepik.com

Ulama mengatakan, bahwa yang membuat kita malas beribadah dan mudah lelah dalam ibadah adalah karena beban dosa kita yang terlalu banyak di pundak kita (Al-mutaffifin: 14). Untuk mengatasi kemalasan beribadah adalah dengan cara bertaubat. Nah cara bertaubat ini adalah dengan memperbanyak "Istigfar", dengan lafaz "Astagfirullah Al Adzim" atau "Astagfirullah Allazi lailahailla huwal hayyul qayyum wa a'tubu ilaihi".

Memperbanyak istigfar adalah cara untuk meminta pengampunan dosa dan jika dosa-dosa kita diampuni Allah SWT, maka kita dimasukkan dalam golongan orang-orang yang bertobat.

9. Berdakwah.

foto: freepik.com

Selain bertaubat amalan lain yang bisa dilakukan yakni dengan melakukan dakwah atau menyebarkan ajaran kebaikan tentang agama Islam kepada orang lain. Berdakwah merupakan hal yang mulia karena tindakan tersebut merupakan seruan untuk kebaikan dan menghindari hal yang dilarang.

10. Membayar zakat.

foto: freepik.com

Amalan bulan Ramadhan yang dapat dilakukan selain puasa adalah membayar zakat. Zakat menjadi hal yang menyempurnakan amalan kamu pada saat melakukan ibadah di bulan Ramadhan.

Oleh karena itu, diwajibkan bagi setiap umat muslim untuk senantiasa mengingat untuk membayar zakat pada saat melakukan ibadah puasa Ramadhan agar ibadahmu semakin sempurna.

11. Umrah.

foto: freepik.com

Amalan bulan Ramadhan yang dapat dilakukan selain puasa yang terakhir adalah melakukan ibadah umrah. Bagi para umat muslim yang telah merasa berkecukupan, usahakan untuk berangkat umrah pada bulan Ramadhan karena nilainya setara dengan haji bersama Rasulullah SAW. Dengan merasakan Ramadhan di Mekkah, pasti setiap orang akan lebih berfokus dan lebih mendekatkan diri kepada Allah.