Brilio.net - Berjumpa kembali dengan bulan Ramadhan adalah nikmat yang patut disyukuri. Pada bulan ini, semua umat Islam diwajibkan menunaikan ibadah puasa. Selain itu, bulan Ramadhan juga memiliki keistimewaan dibandingkan bulan lain. Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah, di mana setiap amal baik akan dilipat gandakan pahalanya. Apalagi dengan adanya lailatul qadar, malam yang dalam Alquran disebutkan lebih baik dari seribu bulan.

Karena itulah, sangat disayangkan jika kita tidak memanfaatkan momen Ramadhan dengan ibadah sebaik-baiknya. Nah, salah satu ibadah yang hanya ada di bulan Ramadhan adalah sholat tarawih. Waktu pengerjaan sholat tarawih adalah setelah sholat isya dan sebelum witir. Sholat tarawih bisa dilakukan di masjid maupun di rumah, dan sendiri maupun berjamaah.

Hukum sholat tarawih adalah sunnah muakkad, artinya sangat dianjurkan untuk dilaksanakan. Selain sebagai ajang mendekatkan diri pada Allah, sholat tarawih juga memiliki banyak keutamaan. Berikut keutamaan sholat tarawih di bulan Ramadhan yang dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Jumat (24/4).

1. Diampuni dosa-dosanya.

foto: freepik.com

Loading...

Salah satu keutamaan sholat tarawih adalah diampuni dosa-dosanya, sebagai sabda Rasulullah dalam hadits:
"Sungguh, Ramadhan adalah bulan yang diwajibkan Allah puasanya dan kusunnahkan shalat malamnya. Maka barang siapa menjalankan puasa dan shalat malam pada bulan itu karena iman dan mengharap pahala, niscaya bebas dari dosa-dosa seperti saat ketika dilahirkan ibunya."

Kemudian dalam riwayat lain disebutkan:
"Barang siapa ibadah (tarawih) di bulan Ramadhan seraya beriman dan ikhlas, maka diampuni baginya dosa yang telah lampau." (HR Bukhari Muslim)

Dalam hadits lain yang diriwayatkan Abu Hurairah, bahwa Rasulullah SAW bersabda:
"Barang siapa melakukan qiyam Ramadhan karena iman dan mencari pahala, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni."

Dalam hadits tersebut, An Nawawi menjelaskan bahwa yang dimaksud qiyam Ramadhan adalah sholat tarawih. Sedangkan yang dimaksudkan dengan diampuni dosanya adalah dosa yang kecil maupun dosa besar.

2. Sholat tarawih berjamaah seperti qiyamul lail semalam penuh.

foto: freepik.com

Sholat tarawih bisa dilakukan sendiri maupun berjamaah. Namun jika dilakukan berjamaah dan bersama imam, maka akan mendapatkan pahala sholat qiyamul lail satu malam penuh, sebagaimana dalam hadits:

Dari Abu Dzar, Nabi SAW pernah mengumpul kan keluarga dan para sahabatnya, lalu bersabda "Siapa yang sholat bersama imam sampai selesai, maka ditulis untuknya pahala qiyam satu malam penuh" (HR. Ahmad)

Disebutkan pula dalam hadits yang diriwayatkan oleh Tirmidzi:
"Sesungguhnya siapa saja yang shalat bersama imam hingga imam itu selesai, maka ia dicatat telah mengerjakan shalat semalam suntuk (semalam penuh)." (HR. Tirmidzi)

Selain itu, melaksanakan sholat berjamaah sudah memiliki keutamaan yakni lebih utama 27 derajat dari sholat sendiri sebagaimana dalam hadits:
"Sholat berjamaah lebih utama dibanding sholat sendirian dengan dua puluh tujuh derajat." (HR. Bukhari)

2 dari 2 halaman

3. Meningkatkan silaturahmi dan ukhuwah islamiyah.

foto: freepik.com

Ketika melaksanakan sholat tarawih kita bisa meningkatkan silaturahmi dan ukhuwah islamiyah. Sebab kita akan bertemu dengan saudara sesama muslim lainnya. Jika di tengah pandemi corona dan wabah penyakit, kita tetap bisa menjalin ukhuwah bersama keluarga di rumah lho. Dalam hadits pun dijelaskan bagaimana konsep silaturahmi dalam Islam.

"Seorang yang menyambung silaturahmi bukanlah seorang yang membalas kebaikan seorang dengan kebaikan semisal. Akan tetapi seorang yang menyambung silaturahmi adalah orang yang berusaha kembali menyambung silaturahmi setelah sebelumnya diputuskan oleh pihak lain." (HR. Bukhari)

4. Menyehatkan jasmani dan rohani.

foto: freepik.com

Sholat tarawih juga bisa menyehatkan jasmani dan rohani. Kesehatan rohani adalah mempertebal keimanan dan beberapa keutamaan yang telah disebutkan di atas. Sedangkan dari kesehatan jasmani, beberapa manfaatnya yaitu:

- Menyehatkan tulang dan persendian.

Tarawih adalah salah satu shalat yang cukup banyak rakaatnya. Jika kita rutin melaksanakan shalat tarawih maka niscaya gerakan-gerakan shalat tarawih mampu menyehatkan tulang dan persendian kita.

- Menurunkan kadar gula darah dan membakar kalori.

Setelah buka puasa biasanya kita mengonsumsi makanan manis. Jika terlalu berlebihan maka makanan tersebut bisa meningkatkan kadar gula darah dengan cepat. Nah, shalat tarawih adalah salah satu aktivitas di mana gerakan-gerakannya bisa bermanfaat untuk menurunkan kadar gula dalam darah sekaligus membakar kalori.

- Meningkatkan fungsi otak.

Dalam sholat tarawih terdapat gerakan sujud dipercaya mampu meningkatkan peredaran darah ke otak dan menjaga suplai nutrisi yang dibutuhkan sehingga otak bisa bekerja secara optimal.

- Menghilangkan stres.

Saat melaksanakan shalat tarawih tubuh akan melepaskan beberapa senyawa kimia yang berfungsi untuk meredakan stres. Sehingga tubuh akan terasa lebih rileks daripada sebelum melaksanakan sholat tarawih.