Brilio.net - Puasa Ramadhan merupakan salah satu ibadah wajib bagi seluruh umat muslim. Saat berpuasa kita juga melaksanakan sahur yakni makan dan minum pada dini hari sebelum waktu shubuh. Nah, selama berpuasa, setiap muslim tidak akan makan dan minum sampai waktu buka. Karena itulah, sahur menjadi asupan nutrisi sekaligus pasokan tenaga agar kuat menjalankan ibadah puasa.

Berbicara tentang sahur, sebenarnya ada beberapa tata cara yang bisa kita terapkan. Misalnya membaca niat dan doa ketika sahur. Niat puasa juga bisa kita ucapkan setiap sahur lalu dilanjutkan dengan doa sahur dan doa setelah sahur.

Selain itu, bangun dan melaksanakan sahur juga memiliki keutamaan-keutamaan yang banyak dijelaskan dalam hadits lho. Lebih lengkapnya, berikut niat sahur puasa Ramadhan beserta doa dan keutamaannya yang telah dihimpun brilio.net dari berbagai sumber pada Jumat (24/4).

1. Niat sahur puasa Ramadhan.

Niat sahur puasa Ramadhan berbagai sumber

foto: freepik.com

Loading...

Beberapa ulama berpendapat bahwa niat puasa Ramadhan bisa diucapkan sekali saja saat pertama kali memulai puasa di hari pertama di bulan Ramadhan. Namun beberapa ulama lainnya mengatakan niat puasa Ramadhan harus diucapkan setiap hari. Kemudian untuk doa sahur puasa Ramadhan dibaca atau dilafadzkan setiap hari ketika sedang menjalankan makan sahur.

Niat pada hakikatnya diyakini dalam hati, diucapkan secara lisan, dan diamalkan dengan perbuatan. Nah, jika kamu ingin melafadzkan niat puasa saat sahur, berikut niat puasa yang bisa kamu ucapkan:

"Nawaitu shauma ghadin 'an ada'i fardhi syahri ramadhaana haadzihis sanati lillahi ta'aala"

Artinya: "Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan kewajiban di bulan Ramadhan tahun ini, karena Allah Ta'ala."

Sedangkan untuk niat puasa Ramadhan untuk satu bulan, bacaannya sebagai berikut:

"Nawaitu shauma syahri romadhoona killahi lillahi ta'aala"

Artinya : "Aku niat puasa sepenuhnya pada bulan Ramadhan tahun ini karena Allah Ta'ala"

-2. Doa sahur puasa Ramadhan.

Niat sahur puasa Ramadhan berbagai sumber

foto: freepik.com

Berbeda dengan niat, ketika sahur kita juga dianjurkan untuk membaca doa, sama seperti doa untuk mengawali makan dan minum, sebagai berikut:

- Membaca bismillah.

Sebagaimana dalam hadits yang artinya:

"Apabila salah seorang di antara kalian makan, hendaklah ia menyebut nama Allah Ta’ala. Dan jika ia lupa, hendaklah ia membaca ‘Bismilaahi awalahu wa aakhirahu’"

- Membaca doa sebelum makan.

"Allohumma baariklanaa fiimaa rozaqtanaa wa qinaa ‘adzaaban naar."

Artinya: "Ya Allah, berkahilah untuk kami apa yang Engkau karuniakan kepada kami dan peliharalah kami dari adzab neraka" (HR. Imam Malik dalam Al Muwatha’)

Karena sahur adalah kegiatan makan dan minum, maka kedua doa di atas bisa dilafalkan saat sebelum memulai menjalankan sahur atau sebelum melakukan makan sahur. Selanjutnya ketika menyantap makanan sahur, doanya sebagai berikut:

"Yarhamullaahul mutasahhiriin."

Artinya: "Semoga Allah menurunkan rahmat-Nya bagi mereka yang bersahur."

Jika sudah selesai makan dan minum sahur, maka kamu bisa mengakhirinya dengan bacaan doa sesudah makan:

"Alhamdu lillahhil-ladzi ath-amanaa wa saqaana waja’alanaa minal muslimiin"

Artinya : "Segala puji milik Allah, Dzat yang memberi kami makan dan minum serta menjadikan kami termasuk golongan orang-orang yang berserah diri."

-3. Waktu terbaik menjalankan sahur.

Niat sahur puasa Ramadhan berbagai sumber

foto: freepik.com

Mengenai waktu sahur, ada satu hadits yang sering dijadikan sebagai pedoman yakni:

"Dari Anas bin Malik ra. bahwa Nabi SAW dan Zaid bin Tsabit ra. pernah makan sahur. Ketika keduanya selesai dari makan sahur, Nabi SAW berdiri untuk sholat, lalu beliau mengerjakan sholat. Kami bertanya pada Anas tentang berapa lama antara selesainya makan sahur mereka berdua dari waktu melaksanakan sholat shubuh. Anas menjawab yaitu sekitar seseorang membaca 50 ayat (Alquran)"

Dari hadits tersebut, maka para ulama menyatakan bahwa waktu terbaik untuk sahur disunnahkan hingga dekat waktu shubuh. Hal ini juga sesuai dengan hadits yang menjelaskan untuk menyegerakan berbuka dan mengakhiri sahur.

Nabi Muhammad SAW bersabda: "Segerakanlah berbuka dan akhirkanlah sahur" (HR Ath Thabrani)

-4. Keutamaan sahur puasa Ramadhan.

Niat sahur puasa Ramadhan berbagai sumber

foto: freepik.com

Dalam sahur terdapat keutamaan-keutamaan bagi muslim yang menjalankannya, beberapa diantara keutamaannya adalah sebagai berikut:

- Sahur adalah berkah.

Nabi SAW bersabda "Sahurlah sesungguhnya dalam sahur itu ada keberkahan"

- Malaikat bershalawat atas orang yang melaksanakan sahur.

Diriwayatkan oleh Ahmad dari Abu Said bahwa Nabi SAW bersabda:

"Sahur itu suatu berkah. Maka janganlah kamu meninggalkannya, walau hanya dengan meneguk seteguk air, karena sesungguhnya Allah dan malaikat-Nya bershalawat atas orang yang bersahur."

- Sahur menjadi pembeda puasa bagi muslim.

Rasulullah bersabda: "Pembeda puasa kita (orang muslim) dengan puasanya Ahli Kitab (umat beragama lain) ialah makan sahur" (HR Muslim)