Brilio.net - Beberapa waktu belakangan, ustaz Arifin Ilham sedang berjuang menjalani perawatan untuk kesembuhan sakitnya. Diketahui ia divonis mengidap kanker paru-paru. Bahkan ustaz yang sering tampil di TV ini harus dirawat di rumah sakit Penang, Malaysia.

Belum lama ini Arifin Ilham mengunggah video di Instagram pribadinya. Pada video tersebut, ia mengatakan kalau sakit merupakan ladang pahala untuk hambanya. Selain itu, sakit yang diberikan juga membuka pintu silaturahmi. Oleh karena dengan sakit, keluarga dan sahabat akan datang menjenguk.

Pimpinan Majelis Zikir Az-Zikra itu juga menyebutkan kondisi terbarunya. Lewat caption postingan tersebut, Arifin mengaku dalam kondisi paska pengobatan kemoterapi. Oleh karena pengobatan itu, tubuhnya terasa lemah dan sangat rentan masuk virus dan juga bakteri. Ia mengungkapkan, kiranya butuh waktu dua sampai tiga bulan untuk rehat.

"Sakit bagi hamba yang beriman adalah rahmat Allah. Allah cinta pada hamba itu. Sakit, hidayah, menyadarkan kita bahwa kita tidak apa-apanya sangat lemah, kita butuh pertolongan Allah," ujar dia.

lemas usai kemo arifin ilham © Instagram

Loading...

foto: Instagram/@kh_m_arifin_ilham

Selain berbicara tentang sakit, Arifin Ilham juga mengungkapkan permintaan maaf kepada semua orang. Maaf itu ia ajukan seandainya lebih dahulu dipanggil Allah SWT. Bahkan ia sudah menyiapkan tempat peristirahatan terakhirnya lengkap dengan kain kafan.

Pada postingan tersebut, pria pemilik nama lengkap Muhammad Arifin Ilham ini mengungkapkan kalau makam yang dipersiapkan itu ada di daerah Bogor. Tepatnya di sebelah masjid Gunung Sindur.

"InsyaAllah kalau lebih dahulu MENGHADAP Allah, pertama sholat di mesjid Az Zikra Sentul dan kemudian sholat kedua di mesjid Gunung Sindur. Kuburan disamping mesjid Gunung Sindur yg telah arifin siapkan dg kain kapannya," ungkap Arifin Ilham.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Jazaakumullah Doa Kasih Sayang ikhwahku Fillah Assalaamu alaikum wa rahmatullahi wa barkaatuhu. SubhanAllah walahamfulillah ilhwahku tercinta Fillah dan keluarga besar Az Zikra yg insya Alah semuanya dipersaudarakan Allah dunia akhirat krn Allah SubhanAllah maafkan maafkan maafkan belum bisa bershilaturrahm. secara sempurna dalam harakah da’wah kita Masya Allah paska pengobatan kemo yg sudah selesai membutuh rehat 2-3 bulan krn posisi melemah dan sangat rentan semua virus bakteri masuk Dokter pun sampai berkali kali melarang semua kegitan apalagi u datang zikir jamaah padahal CINTA SAYANG ARIFIN LUAR BIASA PADA SEMUA JAMAAAH FILLAH ALLAHU AKBAR kali ini arifin dengar nasehat dokter u rehat total dilarang bersuara dan tidak boleh banyak bercampur dan juga salaman SubhanAllah inilah rahmat karunia ujian ampunan dosa u arifin. Semoga semua ikhwahku Fillah dan keluarga besar Az zikra tetap semangat dan lebih semangat berjuang Jazaakumullah semua doa dan kasih sayang duhai ikhwahku Fillah dan keluarga Az Zikra tercinta tillah InsyaAllah kalau lebih dahulu MENGHADAP Allah, pertama sholat di mesjid Az Zikra Sentul dan kemudian sholat kedua di mesjid Gunung Sindur. Kuburan disamping mesjid Gunung Sindur yg telah arifin siapkan dg kain kapannya SbhanAllah maafkan arifin, dunia ini sebentar semua kita menuju “liqoouhu” perjumpaan dg NYA Demi Allah dihati ini yg ada hanya Allah, Rasulullah dan umat Rasullah. SubhanAllah Arifin sayang antum semua krn Allah Muhammad arifin ilham

A post shared by Bang Muhammad Arifin Ilham (@kh_m_arifin_ilham) on

Sebelumnya, Arifin Ilham dikabarkan mengidap penyakit kanker paru-paru. Sejak awal tahun 2019, ia mulai bolak-balik Indonesia-Malaysia untuk mendapatkan perawatan. Beberapa tokoh sempat terlihat mengunjunginya saat dirawat di RSCM, Jakarta.

Tokoh yang sempat menjenguk Arifin Ilham antara lain Joko Widodo, Prabowo Subianto, Anies Baswedan, Kapolri Tito Karnavian dan sederet ustaz dan tokoh politik lain.