Brilio.net - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menghabiskan liburan akhir tahunnya dengan mengeksplor berbagai wisata di Banyuwangi. Mulai dari mendaki Gunung Ijen untuk melihat fenomena api biru (blue flame), hingga mengunjungi Taman Gandrung Terakota.

Tak sendiri, Ridwan Kamil juga mengajak keluarganya melihat situs budaya yang berisi ribuan patung penari gandrung di lahan sawah terasering di kaki Gunung Ijen tersebut. Pria yang akrab disapa Kang Emil itu turun ke persawahan sampai ke bibir aliran kolam yang ada di Taman Gandrung Terakota.

”Tempatnya keren, dirancang sangat profesional. Ditambah lagi suasana pegunungan yang sangat mendukung," puji Kang Emil saat berdiri di deretan patung penari Gandrung yang berada di persawahan hijau.

Diketahui, kawasan taman bumi (geological park/geopark) nasional yang berada di wilayah Jiwa Jawa Resort itu bertujuan untuk merawat dan meruwat Tari Gandrung, salah satu identitas kebudayaan Banyuwangi. Bahkan saat ini, proses pembuatan seribu patung penari sedang dirampungkan.

Ridwan Kamil puji Banyuwangi  © 2019 Istimewa

foto: merdeka.com

Kang Emil begitu menikmati waktunya saat menyusuri taman yang terinspirasi dari Terracotta Warrior and Horses di Tiongkok yang dibangun pada masa Kaisar Qin Shi Huang (259-210 SM) itu. Tak lupa, ia mengambil foto keindahan taman dari berbagai angle.

”Sebuah taman luar biasa. Ada patung Gandrung yang khas, yang bertebaran di persawahan, pelataran, dan kolam air. Apalagi di sini ada fasilitas sanggar seni, galeri, kafe cokelat dan kopi. Lengkap dan asyik,” kata Kang Emil.

Pria 48 tahun itu juga mengunjungi Galeri Jiwa Jawa yang berada di kompleks taman tersebut. Ia mengagumi berbagai karya seni dalam galeri tersebut. Mulai dari karya seni patung, fotografi, wayang, instalasi seni hingga belasan lukisan bertemakan aktivitas penari Gandrung.

"Wah ternyata di kaki Gunung Ijen ada galeri seni luar biasa. Galeri ini memberikan keunikan yang semakin menguatkan kekhasan Banyuwangi," ungkapnya.

Ridwan Kamil puji Banyuwangi  © 2019 Istimewa

foto: merdeka.com

”Ini adalah sinergi yang baik antara Pak Sigit Pramono sebagai owner Taman Gandrung Terakota, Bupati Banyuwangi Azwar Anas, dan para pelaku seni yang menghasilkan keindahan alam dan budaya Indonesia. Semangat terus, semoga menginspirasi daerah lain," imbuh Kang Emil.

Mantan wali kota Bandung itu pun sempat berfoto di kompleks Jiwa Jawa Resort dari ketinggian, di mana dari sana bisa dinikmati keindahan Gunung Ijen di sisi barat dan birunya Selat Bali di sisi timur.