Brilio.net - Berkendara di jalan umum diwajibkan memakai peralatan berkendara yang lengkap, khususnya helm. Pengendara juga perlu mematuhi rambu lalu lintas. Serta yang tidak kalah penting harus membawa surat-surat berkendara seperti SIM dan STNK.

Saat berkendara, ada banyak aturan yang harus dipatuhi. Apabila melanggar peraturan, maka polsisi berhak untuk menilang. Adapun ketentuan menilang sudah diatur di undang-undang lho. Pengendara pun harusnya paham peraturan berkendara yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Nah polisi saat menilang juga harus sesuai prosedur. Polisi ada baiknya menyapa pelanggar dengan sopan dan baik. Penting untuk menjelaskan dengan detail dan sabar mengenai kesalahan pengedara. Polisi juga wajib menjelaskan prosedur pengurusan tilang.

Namun kenyataannya, tilang masih menjadi momok bagi banyak pengendara. Bagi mereka, sangat susah mengurus prosedur tilang. Bahkan tidak jarang, pengendara yang ditilang malah mengamuk.

Nah berikut ini brilio.net merangkum kejadian pengendara yang mengamuk dan ujung-ujung bikin kita ikut geregetan karena ditilang dilansir dari berbagai sumber, Jumat (8/2).

Loading...

1. Menantang berkelahi.

Pria ini ditilang karena tidak memakai helm dan tidak menyalakan lampu utama. Namun dia justru marah dan mengumpat dengan menggunakan bahasa jawa. Tidak terima ditilang, pria ini berteriak dan mengajak berkelahi.

2. Diarahkan putar balik malah mengancam laporkan polisi.

Beredar video viral seorang pengendara motor yang ditegur polisi karena melawan arus. Bukannya menurut kata polisi, pria ini mengancam polisi. Pria ini malah mengaku ditegur tidak sopan oleh polisi.

3. Ngamuk karena dituduh curanmor.

Pengendara sepeda motor ditilang karena tidak tidak memakai helm dan tidak membawa surat lengkap. Namun pengendara sepeda motor malah mengamuk. Ada salah paham antara polisi dan pengendara bernama Agus Setia Gunadi ini. Polisi mengatakan akan menyita ranmor yang berarti kendaraan bermotor. Namun Agus mengira polisi menuduhnya melakukan curanmor atau pencurian kendaraan bermotor.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Operasi Apa? JEBRA #duh #razia #raziaranmor #operasizebra Sumber : facebook nasionaliscyberindonesia

A post shared by rajendra macantua.com (@razarajendra) on

4. Menolak ditilang karena SIM mati.

Pengguna motor ini ditilang karena SIM-nya mati. Pemuda ini pun marah karena walau sudah bisa menunjukkan surat lengkap namun masih ditilang juga, "inilah polisi-polisi yang tidak tahu apa-apa," katanya dalam video tersebut. Polisi membalas kata-kata pemuda ini, "inilah dia orang tidak terima ditilang, karena ada kesalahannya," balas sang polisi.

5. Ngamuk karena kunci disita.

Polisi menilang pengendara yang tidak mengenakan helm dan tidak menunjukkan SIM dan STNK. Polisi pun mengambil kunci motor agar pengendara tidak kabur. Pengendara ini tak terima dan memarahi polisi dengan kata-kata kasar. Setelah diselidiki, pria tersebut ternyata memiliki gangguan jiwa.

memiliki gangguan jiwa.

6. Ditilang malah gigit tangan polisi.

ditilang malah ngamuk kumpulan © 2019 brilio.net berbagai sumber

foto: istimewa

Seorang wanita di Kudus, Jawa Tengah ditilang karena tidak pakai helm serta tidak membawa SIM. Ia pun marah kepasda polisi yang menilang. Tidak terima, wanita itu berbaju biru tua itu tampak memarahi petugas. Ia berjalan mendorong motornya dan menabrakkanya ke salah satu polisi. Tidak hanya itu, wanita tersebut mengambil tangan polisi dan kemudian menggigitnya.

7. Driver ojek ngamuk karena ditilang.

ditilang malah ngamuk kumpulan © 2019 brilio.net berbagai sumber

foto: YouTube/Mihar Napitupulu

Seorang driver ojek online ditilang polisi karena melewati jalur yang tak seharusnya. Driver ojek online yang tengah melintas di Margonda Raya, Depok itu pun mengamuk. Ia marah-marah kepada polisi. Bahkan ibu dari pria tersebut ikutan ngamuk ke polisi.

8. Ditilang malah banting motor.

ditilang malah ngamuk kumpulan © 2019 brilio.net berbagai sumber

foto: Twitter/@lalinjogja

Pria di Serpong, Tangerang Selatan mengamuk karena ditilang. Pria yang berboncengan dengan pacarnya ini dihentikan karena berusaha melawan arus. Mereka juga tidak mengenakan helm dan tidak bisa menunjukkan SIM dan STNK ketika akan diperiksa petugas.

Bukannya menyerah kepada polisi, pria tersebut malah lakukan aksi merusak sepeda motor bahkan membantingnya. Melihat kejadian tersebut, wanita yang bersama pria ini pun menangis tersedu-sedu.