Brilio.net - Hal-hal berbau mistis masih sangat dekat dengan kehidupan masyarakat Indonesia. Hal tersebut dikenal secara turun temurun sesuai dengan tradisi dan budaya yang ada di daerah. Meski zaman sudah modern, hal-hal berbau mistis masih dipercaya oleh masyarakat.

Seperti adanya tempat-tempat tertentu yang dianggap sebagai tempat tinggal makhluk halus. Selain kuburan, tempat lainnya adalah rumah atau bangunan yang kosong, sungai, gunung bahkan juga pohon.

Tak sedikit pohon yang dianggap memiliki aura mistis dan menjadi tempat bersarangnya makhluk halus. Mungkin kamu dulu pernah mengalami saat masih kecil dilarang dekat-dekat dengan pohon tertentu saat sore hari. Banyak cerita beredar jika ada anak kecil yang akan hilang jika dekat dengan pohon tertentu.

Nah, berikut brilio.net himpun dari berbagai sumber, Kamis (10/11) pohon-pohon yang disebut sebagai tempat bersarangnya makhluk halus.

1. Pohon Beringin

Loading...

mitos 6 pohon © 2016 brilio.netfoto: sekarnm.blogspot.co.id

Pohon yang dapat tumbuh di mana saja ini disebut sebagai pohon bertuah dan memiliki kekuatan mistis. Tak jarang, banyak ditemukan sesajen di bawah pohon ini. Mitos yang lainnya menyebut pohon beringin merupakan tempat kesukaan makhluk gaib jenis genderuwo. Ada juga pantangan, dilarang mengencingi atau bahkan menebangnya.

2. Pohon Randu

mitos 6 pohon © 2016 brilio.net

foto: Instagram/@didikbudiatmoko

Pohon yang batangnya berduri ini dikenal juga dengan sebutan pohon kapuk. Konon katanya wanita berbaju putih atau kuntilanak disebut-sebut sebagai penunggu pohon randu. Tak heran, seringkali ditemukan sesajen di bawah pohon ini.

3. Pohon Pisang

mitos 6 pohon © 2016 brilio.net

foto: Instagram/@nurmainizaini

Pohon pisang juga sering sekali dikaitkan dengan mitos-mitos. Seringkali orang langsung mengaitkannya dengan salah satu makhluk halus. Konon pohon pisang adalah tempat favorit pocong. Selain itu ada juga mitos larangan menanam pohon ini di halaman rumah. Jika hal ini dilakukan maka rumah tersebut diyakini akan dinaungi energi negatif.

4. Pohon Sawo

mitos 6 pohon © 2016 brilio.net

foto: Instagram/@indera_hg

Berbicara tentang hal mistis, pohon sawo sering diidentikkan dengan rumahnya genderuwo. Bahkan ada larangan berada di sekitar pohon ini saat azan magrib. Konon, saat itu penunggu pohon sawo sedang berkeliaran.

5. Pohon Bambu

mitos 6 pohon © 2016 brilio.net

foto: Instagram/@gala_ono

Pohon yang tumbuh bergerombol dan sangat rimbun ini diyakini masyarakat sebagai tempat tinggal kesukaan para makhluk halus. Bambu sering diidentikkan dengan rumahnya wewe gombel dan genderuwo. Konon katanya jika ada anak yang bermain-main di dekat gerombolan bambu saat magrib, maka bisa dipastikan si anak tersebut akan menghilang, diculik makhluk halus.

6. Pohon Pakel

mitos 6 pohon © 2016 brilio.netfoto: wikiwand.com

Pohon ini memiliki buah yang mirip dengan buah mangga dan beraroma lebih harum. Di beberapa daerah buah ini dikenal dengan nama lain, yakni bacang dan limus. Konon pohon ini sangat disukai oleh makhluk halus jenis tuyul. Banyak orang mengaku melihat sosok bertubuh kecil, berkepala plontos sedang asyik bermain di bawah pohon ini.