Brilio.net - Jenis hantu di Indonesia sangat beragam. Mulai gari genderuwo, tuyul, pocong, dan hantu wanita lainnya. Ngomong-ngomong hantu wanita, banyak orang susah membedakan antara kuntilanak dan sundel bolong.

Pasalnya, kedua hantu ini sama-sama wanita dan berpakaian serba putih. Sebenarnya apa sih beda kedua hantu tersebut?

1. Sundel bolong

kunti x sundel © 2017 brilio.net berbagai sumber

foto: sejutafakta.com

Loading...

Dilihat dari pendekatan bahasa, nama sundel bolong berasal dari istilah sundal bolong. Sundal jika menurut masyarakat Indonesia diartikan sebagai perempuan yang suka menjual diri. Sedangkan kata bolong menandai bagian punggung sundel bolong yang berlubang penuh ulat.

Istilah sundel bolong semakin akrab di telinga masyarakat berkat populernya film horor "Sundelbolong" pada tahun 1981 yang dibintangi Suzanna. Dalam beberapa film sundel bolong diceritakan sebagai sosok yang mati ketika hamil sehingga melahirkan melalui punggung.

Konon, sundel bolong hanyalah mitos yang diciptakan masyarakat dengan tujuan tertentu. Sosok sundel bolong digambarkan sebagai wanita cantik yang berjalan di desa-desa. Untuk menghindarkan wanita desa dari gangguan pria, maka diciptakanlah sosok semu sundel bolong agar pria tidak mendekati wanita yang berjalan sendirian.

2. Kuntilanak

kunti x sundel © 2017 brilio.net berbagai sumber

foto: hantupedia.com

Menurut Ensiklopedi Hantu dan Makhluk Gaib Nusantara (2013), kuntilanak atau sering disebut pontianak adalah sosok makhluk gaib yang sering dieksploitasi. Konon penamaan ini berawal dari sultan di Pontianak yang mengalami gangguan oleh hantu wanita. Hantu tersebut selanjutnya dijuluki kuntilanak atau pontianak.

Wujud kuntilanak mudah dikenali. Merupakan wanita berambut panjang menutupi mata, badan setengah membungkuk, melayang-layang, dan mengeluarkan suara tawa seram.

Sosok kuntilanak secara jelas tergambarkan dalam beberapa film, sebagai contoh yang berjudul Kuntilanak. Dalam beberapa film dikisahkan bahwa kuntilanak menghuni pohon dan rumah misterius.

Beberapa daerah percaya bahwa sosok kuntilanak memiliki lubang di punggung laiknya sundel bolong. Namun sebagian lain percaya kuntilanak tidak memiliki lubang di punggung.