Brilio.net - Membicarakan hal-hal berbau mistis meskipun terasa menyeramkan, tetap aja banyak orang yang tertarik dengan tema tersebut. Selalu ada saja cerita-cerita seram yang dibicarakan. Tak hanya tentang sosok atau kejadian saja, tapi juga tempat-tempat tertentu. Mulai dari rumah sakit, sekolah juga stasiun kereta api.

Tentang stasiun menyeramkan, bukan rahasia umum lagi kalau beberapa memang terkenal angker. Banyak kejadian seram yang pernah muncul di sana mulai dari penampakan sampai suara-suara aneh yang tak jelas sumbernya.

Berikut adalah beberapa stasiun paling seram di Indonesia yang brilio.net himpun dari berbagai sumber, Senin (13/6).

BACA JUGA: 10 Kemesraan pesohor ini bikin jombloers menangis getir

1. Stasiun Ketanggungan Barat.

Stasiun kereta api paling angker di Indonesia © 2016 brilio.net

foto: kaskus

Sekilas tak ada yang aneh dari stasiun yang ada di Brebes ini. Namun, menilik cerita-cerita yang pernah ada, ternyata Stasiun Ketanggungan Barat ini sangat menyeramkan. Salah satu alasannya adalah tentang cerita kecelakaan kereta yang terjadi di tahun 2002 lalu.

Diceritakan, jika di dekat stasiun ini pernah terjadi kecelakaan maut. Setidaknya ada sekitar 45 orang tewas dalam insiden tersebut. Sejak saat itu, stasiun ini pun berubah seram. Menurut banyak orang, sering muncul penampakan-penampakan seram, sampai suara-suara lirih terdengar mengatakan minta tolong.

2. Stasiun Manggarai.

Stasiun kereta api paling angker di Indonesia © 2016 brilio.net

foto: kaskus

Sepertinya sudah bukan rahasia lagi kalau Stasiun Manggarai memang sangat menyeramkan. Di sana adalah tempat persemayaman terakhir gerbong-gerbong tua yang tak layak jalan. Beberapa karena sudah tak layak, sebagian lantaran kecelakaan.

Menurut masyarakat sekitar, mereka pernah mendapati banyak keganjilan di sini. Mulai dari munculnya makhluk-makhluk tak kasatmata sampai suara-suara. Yang paling terkenal adalah munculnya anak-anak bermain di tengah malam di tempat ini.

3. Stasiun Kota Lama Malang.

Stasiun kereta api paling angker di Indonesia © 2016 brilio.net

foto: kaskus

Stasiun ini konon punya cerita seram yang membuat merinding. Misalnya tentang kecelakaan hebat di tahun 1981an, dimana kereta yang berangkat dari Kota Lama menabrak sebuah bus. Kecelakaan ini menewaskan sekitar 50 orang. Sejak saat itu cerita-cerita mistis pun beredar. Tak hanya itu, konon pernah juga ada kejadian kereta hantu, dimana sebuah kereta tanpa masinis berjalan sendiri dan merusak rumah-rumah warga di sekitar stasiun.

4. Stasiun Poncol Semarang.

Stasiun kereta api paling angker di Indonesia © 2016 brilio.net

foto: kaskus

Stasiun Poncol Semarang juga dikenal cukup angker dan penuh dengan kisah-kisah mistis mengerikan. Bahkan kabarnya salah seorang warga dulu pernah beberapa kali melihat penampakan hantu berbaju putih hingga sosok anak-anak kecil yang bermain di sekitar stasiun saat jam operasional telah berakhir. Tidak hanya itu, beredar kisah jika di stasiun ini juga sering terlihat kereta api hantu.

5. Stasiun Kaliwedi.

Stasiun kereta api paling angker di Indonesia © 2016 brilio.net

foto: kaskus

Tidak seperti deretan stasiun di atas, yang satu ini hanyalah stasiun kecil. Namun, meskipun kecil tapi keangkerannya sudah melegenda seantero Cirebon. Konon, tidak ada yang berani dekat-dekat dengan stasiun ini lantaran aura mistisnya yang kental. Apalagi stasiun satu ini sekarang sudah tidak dioperasikan lagi.

Stasiun ini konon memiliki penunggunya sendiri yang sama sekali tidak ramah terhadap manusia. Jangan berpikir untuk uji nyali di sini karena keseramannya sangat nyata. Soal kisah tragis konon di dekat stasiun ini pernah terjadi kecelakaan mengerikan. Menurut warga pernah ada iring-iringan jenazah yang ditabrak kereta. Setidaknya sekitar 14 orang meninggal dalam tragedi itu.

6. Stasiun Purwakarta.

Stasiun kereta api paling angker di Indonesia © 2016 brilio.net

foto: kaskus

Saat siang hari akan menyenangkan berada di stasiun ini, namun tidak ketika malam. Nuansa berubah 180 derajat menjadi sangat menyeramkan. Jangan tanya soal hantu dan semacamnya, di tempat ini cukup sering makhluk-makhluk tak kasatmata itu muncul. Hal tersebut sendiri sering dikaitkan dengan gerbong-gerbong tertentu yang konon sebagian pernah jadi saksi bisu kecelakaan tragis.

7. Stasiun Sedayu.

Stasiun kereta api paling angker di Indonesia © 2016 brilio.net

foto: dipomojosari.com

Stasiun Sedayu di Yogyakarta ini merupakan stasiun yang berstatus sebagai stasiun non aktif. Beredar kabar bahwa sering kali pada malam hari terdengar suara genta (suara pengumuman PPKA terkait dengan keberangkatan dan kedatangan kereta api di stasiun) dari bekas bangunan stasiun tersebut. Namun yang membuatnya terasa jangal adalah, bahasa yang digunakan merupakan bahasa Belanda bukan bahasa Indonesia. Selain suara genta, beberapa kali juga pernah mendengar suara semboyan dari lokomotif uap.