Brilio.net - Bagi kamu pecinta film horor pastinya tahu hantu Jepang yang nakutin seperti Sadako atau Kayako. Hantu-hantu itu memang sangat fenomenal karena sempat difilmkan dan sukses bikin penonton merinding maksimal.

Tapi tahukah kamu, selain Kayako dan Sadako ternyata ada lagi hantu asal Jepang yang nggak kalah menyeramkan? Bahkan saking ngerinya sampai dibuatkan film juga, karena konon hantu-hantu itu memang pernah ada di Negeri Sakura sendiri. Wah!

Penasaran? Berikut deretan hantu Jepang yang paling nyeremin, seperti dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (31/10):


1. Kuchisake-onna.

6 Hantu wanita Jepang © 2017 brilio.net

foto: the mythical and paranormal realm


Kuchisake-onna adalah hantu wanita cantik yang tewas terbunuh dengan mulut sobek. Dia bergentayangan mulut tertutup masker, kipas, atau scarf, dan akan menakuti manusia dengan membuka penutup mulutnya.

Hantu cantik yang mulai dikenal sejak era Heian ini diyakini dulunya adalah istri seorang samurai yang dibunuh karena ketahuan berselingkuh. Sang suami benar-benar marah saat mengetahui istrinya itu selingkuh, lalu merobek mulutnya dengan pedangnya.

Cerita tentang ngerinya Kuchisake-onna ini sempat dibuat film, seperti Kuchisake-onna (1996), Kuchisake (2005), Carved, dan Slit Mouth Woman in LA (2014).


2. Toire no Hanako-san.

6 Hantu wanita Jepang © 2017 brilio.net

foto: countryboard.net


Hanako adalah hantu gadis cilik yang selalu terlihat mengenakan rok merah. Menurut banyak catatan yang beredar, Hanako tewas saat serangan udara era Perang Dunia II. Versi lain mencatat Hanako dibunuh oleh predator seksual di dalam toilet.

School Mystery (1995) dan Toire no Hanako (1998) adalah dua film tentang hantu Hanako. Kedua film tersebut sama-sama menceritakan tentang Hanako yang sering muncul di toilet ketiga lantai ketiga sebuah gedung sekolah tua.


3. Sadako.

6 Hantu wanita Jepang © 2017 brilio.net

foto: the cinematic katzenjamme


Dilansir dari merdeka.com, Sadako sebenarnya memang cuma karakter rekaan novelis Koji Suzuki. Tapi karakter hantu menyeramkan ini memang diadaptasi dari berbagai karakter onryo, hantu pembalas dendam yang dikenal di legenda-legenda Jepang zaman dulu. Salah satu inspirasinya adalah Bancho Sarayashiki yang menceritakan tentang riwayat mengenaskan Okiku.

Sama seperti Sadako, Okiku juga dibunuh dan dilemparkan ke dalam sumur. Sampai saat ini sumur tempat jenazahnya dibuang di Puri Himeji masih ada.

Menurut salah satu versi cerita paling terkenal, Okiku adalah pelayan yang pernah merusak/menghilangkan satu dari sepuluh pusaka milik tuannya. Sejak kematiannya, setiap malam terdengar suara Okiku yang meratap sambil menghitung pusaka dari dalam sumur.

Begitu sampai ke angka sembilan, suaranya berubah menjadi tangisan memilukan. Kabarnya arwah Okiku baru bisa ditenangkan jika dari atas ada orang yang berteriak 'sepuluh' untuk melengkapi hitungannya.


4. Kayako.

6 Hantu wanita Jepang © 2017 brilio.net

foto: why-ed.com


Sama seperti Sadako, roh gentayangan Kayako yang menghantui film Ju-on: The Grudge juga cuma rekaan. Namun kisahnya memang terinspirasi dari legenda Yotsuya Kaidan.

Kalau Kayako disiksa hingga tewas oleh suaminya yang pencemburu, Yotsuya Kaidan menceritakan tentang Oiwa, istri yang setia mengabdi kepada suaminya, Tamiya Iemon.

Tamiya lemon diceritakan kehilangan status sebagai samurai karena harus bekerja serabutan demi menyambung hidup. Karena muak dengan hidupnya yang kini kesulitan, dia mulai membenci sang istri, karena kepincut dengan cucu tetangganya yang kaya raya. Dia pun meracuni Oiwa agar dia bisa menikah lagi. Racun tersebut membuat tubuh Oiwa cacat dan dia mati dalam kondisi yang mengenaskan.

Namun di hari pernikahan Tamiya, hantu Oiwa ternyata menuntut balas. Ketika Iemon membuka cadar istri barunya, yang terlihat adalah wajah rusak Oiwa. Merasa ketakutan, Iemon memenggal istri dan mertuanya. Akhirnya Iemon tewas di tangan saudara lelaki Oiwa.

Kisah tentang Oiwa yang melegenda itu kemudian diadaptasi menjadi drama kabuki dan masih dipentaskan hingga sekarang di Jepang.


5. Hikiko.

6 Hantu wanita Jepang © 2017 brilio.net

foto: thoughts on anime/wordpress


Hikiko adalah hantu gadis cilik yang digambarkan selalu menyeret bonekanya, yang konon setelah didedekati ternyata bukan boneka melainkan mayat. Setelah kematiannya, dia bergentayangan menakuti teman-teman di sekolahnya.

Menurut banyak catatan yang beredar di Jepang, dulunya Hikiko adalah gadis cilik yang semasa hidupnya selalu disiksa, ditindas oleh orangtua maupun teman-teman di sekolahnya. Penyiksaan itu pada akhirnya membuat Hikiko cacat lalu tewas dengan keadaan mengenaskan. Hikiko pun menjadi arwah gentayangan yang ingin membalas dendam kepada siapa saja yang pernah menyakitinya selama ia hidup.

Film tentang Hikiko sempat dibuat dengan versi animasi horor dengan judul Toshi Densetsu Monogatari Hikiko.


6. Teke-Teke.

6 Hantu wanita Jepang © 2017 brilio.net

foto: youtube


Nggak kalah serem sama Sadako atau Kayako, Teke-Teke ini adalah hantu wanita gentayangan karena tewas mengenaskan karena separuh tubuhnya terlindas kereta api. Bagian tubuhnya yang terpotong konon tak bisa ditemukan, karena sebagian sudah hancur.

Karena mati dengan tak wajar, wanita itu kemudian gentayangan menghantui seluruh kota untuk mencari bagian tubuhnya yang hilang tersebut.

Teke-Teke termasuk hantu legendaris di Jepang yang sampai kini masih sering diperbincangkan oleh masyarakat setempat dan pernah sampai difilmkan pada 2009 di bawah asuhan sutradara Koji Shiraishi.