Brilio.net - Ada beberapa tempat yang dipercaya sering jadi tempat munculnya hantu. Diantaranya yaitu kuburan, rumah kosong dan terowongan. Tempat terakhir identik karena tempatnya yang gelap dan terkadang hanya disuplai dengan cahaya lampu yang minim alias remang-remang.

Beberapa terowongan dikenal angker karena sering terjadi kecelakaan pengguna jalan. Selain itu, biasanya terowongan yang sudah tak terpakai sangat identik dengan tempat keluarnya makhluk halus. Beberapa terowongan yang ada di Indonesia pun ada yang terkenal dengan keangkerannya, lho.

Lalu terowongan mana saja yang terkenal angker? Berikut ini 5 terowongan angker dari seluruh dunia yang brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Rabu (17/1).

1. Terowongan Casablanca

terowongan angker © berbagai sumber

Loading...

foto: merdeka.com

Terowongan yang ada di Jakarta ini terkenal kisah angkernya. Saking horornya, kisah terowongan ini sempat diabadikan menjadi sebuah film layar lebar pada tahun 2007. Di terowongan ini sering terjadi insiden kecelakaan baik motor maupun mobil. Bahkan di beberapa kejadian menimbulkan korban jiwa.

Banyak korban kecelakaan yang selamat mengatakan bahwa sebelum terjadi insiden mereka melihat dan diganggu oleh makhluk gaib. Letak terowongan ini yang berada dekat dengan kuburan Menteng Pulo membuat suasana terowongan ini tambah mencekam.

2. Terowongan Sasaksaat

terowongan angker © berbagai sumber

foto: kereta-api.info

Terowongan kereta api ini terletak di Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung. Terowongan yang dibangun pada tahun 1902-1903 ini telah memakan banyak korban pekerja pada waktu itu. Kabarnya dulu mayat-mayat tersebut hanya dibuang begitu saja oleh pasukan Belanda.

Karena cerita sejarah tersebut terowongan Sasaksaat menjadi salah satu terowongan kereta yang angker di Indonesia. Beberapa kejadian mistis pun pernah terjadi contohnya seperti listrik kereta yang tiba-tiba mati saat melewati terowongan ini, lalu hidup setelah melewati terowongan.

3. Church Hill Tunnel

terowongan angker © berbagai sumber

foto: listamaze.com

Terowongan ini semulanya dibuat untuk jalan kereta api pada tahun 1870-an. Namun pada sekitar tahun 1925, atap terongan ini roboh saat sedang dilewati kereta dan menewaskan 4 orang. Proses evakuasi berjalan sulit dan tak mulus. Demi keselamatan banyak orang akhirnya terowongan ini ditutup.

Orang-orang mengaku mendengar teriakan minta tolong dari dalam terowongan yang sudah ditutup ini. Diduga, teriakan tersebut datang dari makhluk halus yang menjadi korban kecelakaan kereta.

4. Twin Tunnels

terowongan angker © berbagai sumber

foto: listamaze.com

Nama terowongan ini diambil dari bentuknya yang sama bersejajar. Seiring berjalannya waktu, hanya satu terowongan yang beroperasi. Ada cerita yang mengatakan bahwa terowongan ini pernah menjadi tempat bunuh diri seorang ibu dan anaknya.

Perempuan tersebut menggantung dirinya sambil menggendong anak. Anaknya yang jatuh dari pelukan ibunya lalu jatuh dan meninggal di tempat.

Pengendara yang sering melewati terowongan ini pada malam hari sering mengalami kejadian menyeramlkan. Mulai dari suara bisikan dan tangisan seorang bayi yang menggema di terowongan kembar tersebut.

5. Gold Camp Road Tunnels

terowongan angker © berbagai sumber

foto: listamaze.com

Terowongan ini bekas tambang emas di Colorado, Amerika Serikat. Terowongan ini juga menjadi jalur penghubung dan sering dilewati oleh kendaraan. Pada tahun 1987, atap satu dari tiga terowongan ini runtuh menimbun sebuah bus sekolah yang sedang membawa para pelajar.

Setelah kejadian itu, banyak ditemukan sidik jari di tiap kendaraan yang lewat terowongan Gold Camp Road ini. Banyak yang menganggap sidik jari tersebut milik korban bus sekolah yang tertimbun.