Brilio.net - Berbicara tentang bangunan kuno dunia, memang selalu menarik untuk disimak ya. Apalagi kalau sejarahnya belum terungkap dan menjadi misteri, tentu membuat semua orang akan berspekulasi sendiri.

Menurut penelitian genetik dan fosil, manusia ada di bumi sekitar 200.000 tahun yang lalu. Manusia sendiri terus mengalami evolusi saat membuat suatu objek dan struktur dari era Mesolitik dan Neolitik.

Ada beberapa contoh di mana permukiman dan peradaban manusia tidak meninggalkan petunjuk tentang penciptaan mereka. Belakangan ini, ahli geologi, arkeolog dan ilmuwan menemukan beberapa situs dan struktur yang berasal dari ribuan tahun yang lalu.

Dari sekian bangunan yang ditemukan, ternyata ada yang masih dipertanyakan tujuannya dibuat. Bahkan hingga kini, ada banyak orang yang percaya bangunan-bangunan kuno ini tak dibuat oleh manusia.

Penasaran bangunan apa saja? Yuk simak 10 bangunan kuno dunia yang dipercaya tak dibuat oleh manusia seperti brilio.net lansir dari ListAmaze, Selasa (7/11).

Loading...

1. Large Stone Structure, Israel.

bangunan kuno dipercaya tak dibuat manusia  © 2017 berbagai sumber

Large Stone Structure ini merupakan sebuah bangunan misterius yang hancur di Israel. Menurut para ahli, bangunan kuno ini diperkirakan sudah ada sejak 1.000-2.000 tahun yang lalu. Struktur yang masih misteri ini berasal dari masa ketika Yesus menghabiskan hari-hari terakhirnya di kota suci Yerusalem. Arkeolog Israel menemukan sisa-sisa bangunan yang tujuannya tetap menjadi misteri.

Large Stone Structure ini memiliki tangga piramida dan bebatuan yang membingungkan banyak ilmuwan. Eilat Mazar, si penemu situs ini meyakini bangunan itu mungkin sisa-sisa istana Raja Daud seperti di Kitab Samuel. Anehnya, struktur ini hanya satu dan tidak pernah ditemukan di tempat lain di dunia ini.

2. Great Sphinx of Giza, Mesir.

bangunan kuno dipercaya tak dibuat manusia  © 2017 berbagai sumber

Bangunan kuno berusia sekitar 2.000 tahun ini merupakan salah satu patung tertua dan terbesar di dunia. Bangunan yang masih menjadi bahan perdebatan besar siapa yang membangunnya, kapan dan mengapa ini memang lebih dikenal dengan sebutan Sphinx. Sphinx sendiri merupakan patung berupa makhluk mitos dengan tubuh seekor singa dan kepala manusia terbuat dari batu gamping.

Semua orang percaya bahwa patung misterius itu dibangun oleh orang Mesir kuno di Kerajaan Lama pada masa pemerintahan Firaun Khafre. Di Kerajaan Lama, tidak ada prasasti di manapun menggambarkan konstruksi atau tujuan awalnya. Nama asli patung itu pun sebenarnya tak diketahui dan tidak tahu persis siapa penciptanya. Ada banyak teori dan hipotesis mengenai alasan di balik konstruksi itu. Namun tetap saja, masih menjadi misteri yang belum terpecahkan.

3. Monumen Yonaguni, Jepang.

bangunan kuno dipercaya tak dibuat manusia  © 2017 berbagai sumber

Sebuah formasi batuan yang menarik di bawah laut, berlokasi di lepas pantai Yonaguni, Jepang membuat banyak ilmuwan bingung. Formasi misterius yang diperkirakan sudah ada sejak 2.000-3.000 tahun ini terletak di bagian selatan Kepulauan Ryukyu dan dikenal sebagai Monumen Yonaguni. Masaaki Kimura, seorang profesor di Universitas Ryukyus mengklaim bahwa reruntuhannya adalah monolit buatan.

Situs ini sangat diperdebatkan dan misterius, apakah formasi itu natural ataukah buatan manusia. Satu hipotesis menunjukkan bahwa reruntuhan ini bisa jadi peninggalan Mu, sebuah peradaban yang hilang di Pasifik. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa formasi aneh dalam bentuk hewan dan wajah di dalam area kecil tak mungkin dibuat oleh arus laut saja.

4. Bimini Road, Bahama.

bangunan kuno dipercaya tak dibuat manusia  © 2017 berbagai sumber

Bimini Road merupakan formasi batuan misterius bawah laut lainnya yang berada di dekat Pulau Bimini Utara di Bahama. Menurut berbagai klaim, Bimini Road bisa jadi sisa dari jalan kuno, tembok atau beberapa fitur buatan manusia yang disengaja. Namun, bukti atau argumen ini masih dipertanyakan kredibilitasnya.

Formasi ini berbentuk persegi empat hingga seperti blok batu kapur sub-persegi panjang. Banyak ahli geologi dan arkeolog tidak dapat menjelaskan apakah formasi itu alami atau buatan manusia. Bahkan beberapa ilmuwan percaya kalau Bimini Road ini bagian dari Atlantis yang hilang.

5. Stonehenge, Inggris.

bangunan kuno dipercaya tak dibuat manusia  © 2017 berbagai sumber

Menurut banyak orang, Stonehenge di Wiltshire, Inggris merupakan tempat paling misterius di dunia. Stonehenge merupakan monumen prasejarah yang diperkirakan telah berusia 5.000 tahun. Bangunan kuno ini merupakan ikon budaya Inggris dan landmark paling terkenal di Inggris. Situs dan sekitarnya berada dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO sejak tahun 1986.

Siapa yang menempatkan struktur megalitik ini dan mengapa, hingga kini jawabannya masih menjadi misteri. Dibutuhkan pembangun Neolitik sekitar 1.500 tahun lalu untuk membangun 160 batu besar dalam formasi melingkar. Batu yang paling besar bahkan bobotnya mencapai 40 ton. Ada yang percaya kalau Stonehenge merupakan pemakaman, namun hingga kini ahli geologi dan arkeolog masih bingung dengan misteri ini.

6. Monte d’Accoddi, Italia.

bangunan kuno dipercaya tak dibuat manusia  © 2017 berbagai sumber

Monte d'Accoddi merupakan situs arkeologi misterius di Italia yang berasal dari abad 4.000-3.650 sebelum masehi. Bangunan kuno ini ditemukan pada tahun 1954, di sebuah lapangan milik keluarga Segni berupa batu berukir misterius dan struktur kecil.

Hal yang paling menakjubkan dari situs ini adalah batu besar berbentuk telur dan kemudian memotong garis tiga dimensi melengkung halus. Ada berbagai deskripsi mengenai tujuannya seperti altar, gundukan, kuil atau piramida. Tujuan sebenarnya dari struktur ini masih menjadi misteri hingga sekarang.

7. Goseck Circle, Jerman.

bangunan kuno dipercaya tak dibuat manusia  © 2017 berbagai sumber

Goseck Circle merupakan sebuah struktur Neolitik misterius di Goseck, Jerman. Bangunan ini dipercaya sebagai Pagar Bundar tertua dari Eropa Tengah Neolitik. Struktur ini mungkin merupakan observatorium surya tertua di dunia. Pembangunan struktur tersebut diperkirakan berasal dari abad ke-49 sebelum masehi dan mulai digunakan abad ke-47 sebelum masehi.

Pada tahun 1991, sebuah foto survei udara pertama memberi petunjuk pada struktur ini yang kemudian menjadi lokasi penggalian utama pada tahun 2002. Eskavator juga menemukan sisa-sisa kebakaran yang mungkin terjadi, tulang binatang dan manusia, dan kerangka tanpa kepala di dekat tenggara gerbang. Banyak yang percaya tempat ini menjadi jejak pengorbanan manusia atau ritual penguburan tertentu. Namun hingga kini masih belum diketahui maksud dan tujuan bangunan ini didirikan.

8. Desert Kites atau Works of the Old Men.

bangunan kuno dipercaya tak dibuat manusia  © 2017 berbagai sumber

Meskipun penelitian modern telah membuktikan kalau Desert Kites digunakan untuk berburu hewan liar, tujuan pastinya masih menjadi misteri hingga sekarang. Pada tahun 1920-an, pilot Angkatan Udara Kerajaan menemukan bangunan yang diperkirakan berusia 3.000-9000 tahun ini saat terbang di atas padang pasir Israel, Yordania dan Mesir.

Penduduk setempat Badui mempercayai selama ribuan tahun dan mereka menyebut bangunan ini sebagai Works of the Old Men. T. E. Lawrence, seorang penjelajah menemukan sesuatu yang lebih menarik dan misterius di daerah sekitar Negev. Ia menemukan sebuah dinding yang panjang dan membingungkan mulai dari desa Byzantine.

9. Göbekli Tepe, Turki.

bangunan kuno dipercaya tak dibuat manusia  © 2017 berbagai sumber

Gobekli Tepe merupakan struktur misteri dan situs arkeologi di Turki. Situs ini memiliki beberapa megalitik tertua yang berusia lebih dari 9.000 tahun. Situs digali oleh tim arkeolog Jerman di bawah kepemimpinan Klaus Schmidt.

Schmidt percaya bahwa situs itu mungkin situs suci dan bukan pemukiman. Menurut survei geofisika ada lebih dari 200 pilar di sekitar 20 lingkaran. Setiap pilar tingginya 20 kaki dan beratnya 20 ton. Ada yang percaya kalau situs ini mungkin kuil tertua di dunia. Namun tujuan sebenarnya dari struktur ini tetap menjadi misteri.

10. Mysterious Circular Structure in Sea of Galilee, Israel.

bangunan kuno dipercaya tak dibuat manusia  © 2017 berbagai sumber

Struktur kerucut atau lingkaran misterius ditemukan di bawah Laut Galilea di Israel. Menurut peneliti, struktur ini memiliki berat 60.000 ton yang lebih berat daripada kebanyakan kapal perang modern. Tujuan dan umurnya tetap menjadi teka-teki.

Struktur ini nampaknya merupakan piringan hitam raksasa dengan batu di atas satu sama lain. Struktur ini menurut peniliti sudah ada sejak 2.000-12.000 tahun yang lalu. Belum tahu pasti apa tujuannya struktur ini bangun.