Brilio.net - Kalau kamu ke Kota Semarang, jangan sampai untuk melewatkan mengunjungi salah satu wisata di kota ini , yakni Lawang Sewu. Bangunan bersejarah ini nggak cuma dikenal sebagai destinasi favorit bagi penyuka wisata misteri, tapi juga tempat idola untuk foto pre-wedding. 

Lawang Sewu adalah gedung bersejarah yang dulu merupakan kantor dari Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij atau NIS, lho. Gedung yang dibangun pada tahun 1904 dan selesai pada tahun 1907 ini terletak di bundaran Tugu Muda, dahulu disebut Wilhelminaplein.

Di luar fakta-fakta itu, masih ada beberapa fakta lain yang tak banyak orang tahu tentang Lawang Sewu ini. Penasaran apa saja? Yuk, intip apa saja faktanya, seperti yang dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (18/11).

1. Nggak cuma bangunan pemerintahan Belanda, Lawang Sewu rupanya juga beralih menjadi penjara paling kejam pada masa penjajahan Jepang.

Fakta Lawang Sewu  © 2016 brilio.net

foto: inspiringfortraveller.blogspot.com

 

2. Arsitektur bangunan Lawang Sewu didesain oleh arsitek Eropa. Bahan bangunannya yang digunakan pun langsung didatangkan dari Eropa.

Fakta Lawang Sewu  © 2016 brilio.net

foto: thedailyroar.com

 

3. Ada sumur tua dia di halaman gedung Lawang Sewu. Konon dari sumur ini kerap terdengar suara teriakan, kesakitan, ketakutan. Padahal, sumur tersebut dikunci dan tidak pernah dibuka.

Fakta Lawang Sewu  © 2016 brilio.net

foto: pinterest.com

 

4. Ada penjara serta bunker yang memiliki lorong yang disebut dengan lorong hantu. Menurut masyarakat setempat, jika kamu berdiam dan jongkok di sana, dia akan bisa melihat bayangan berbentuk manusia dengan mata berwarna hijau menyala yang berjalan dengan merangkak.

Fakta Lawang Sewu  © 2016 brilio.net

foto: mixedupalready.com

 

5. Di ruang penjara berdiri yang ada di Lawang Sewu sering tercium aroma-aroma aneh dan misterius, seperti bau anyir darah segar.

Fakta Lawang Sewu  © 2016 brilio.net

foto: java-touring.blogspot.com

 

6. Ada penampakan di pintu gerbang besar sebelum menuju ke ruangan utama. Ada yang mengaku pernah melihat tangan hitam besar, ada pula yang melihat pocong dengan wajah yang rusak. Dan ada yang melihat bayangan putih yang bisa menembus tembok.

Fakta Lawang Sewu  © 2016 brilio.net

foto: flickriver.com

 

7. Faktanya jumlah lubang pintu di Lawang Sewu hanya 429 buah, dengan daun pintu lebih dari 1.200 (beberapa pintu memiliki dua daun pintu, bahkan empat daun pintu).

Fakta Lawang Sewu  © 2016 brilio.net

foto: lia-kliasemarangcandi.blogspot.com

 

8. Tak cuma untuk wisata misteri, Lawang sewu juga dikunjungi pasangan muda untuk berfoto pre-wedding.

lawang sewu wahyuproject.com

foto: wahyuproject.com

 

9. Lawang Sewu masuk dalam bangunan paling angker kedua se-Asia, lho. Yang pertama adalah bekas bangunan sekolah di Hong Kong.

Fakta Lawang Sewu  © 2016 brilio.net

foto: hellosemarang.com

 

10. Pada tahun 2013 digelar acara Dunia Lain di Lawang Sewu dan disiarkan di televisi. Peserta uji nyali acara ini meninggal dunia, tiga hari setelah ikut acara itu.

Fakta Lawang Sewu  © 2016 brilio.net

foto: blog.umy.ac.id