Brilio.net - Wikipedia adalah ensiklopedia yang memuat apa saja. Dengan mengandalkan kontributor, memungkinkan untuk memenuhi pengetahuan dan memperbaruinya tiap waktu. Kita bisa menemukan yang ilmiah maupun mistis, yang detail maupun ringkas, sosok maupun kejadian, dan lain sebagainya. Termasuk pula hal-hal seram bisa kita temukan di dalamnya.

Nah berikut ini adalah beberapa diantaranya yang dimuat, dirilis brilio.net dari buzzfeed pada Minggu (23/10).

1. El Sacoman.

seram wiki  © 2016 brilio.net

foto: Fabio Boyer/Via fab-dark.deviantart.com


Arti nama ini aalah seorang tua yang jelek yang kerap menculik anak nakal. Dia juga menjual dan memakan anak-anak yang dikoleksi di sebuah kantong punggungnya. Dia dikenal pula dengan nama Roba Chicos, el hombre del Saco, dan el Hombre del Costal.

2.  Los Cadejos.

seram wiki  © 2016 brilio.net

foto: Hulton Archive / Getty Images


Ada dua jiwa dalam badan berbentuk anjing galak dengan mata merah menyala dan kuku kambing ini. Warna bulunya bisa berubah hitam atau putih, yang menandakan apakah dia akan memberi perlindungan atau kematian pada para pelancong. Sosoknya dapat membuat gila orang yang mencoba bicara padanya,atau membuat orang kembali pada mereka.

3. El Silbon  

seram wiki  © 2016 brilio.net

foto: David Ortega / Via deviantart.com


Dia adalah seorang pria yang telah tega membunuh ayahnya, membedah perut istrinya yang lantas dikutuk oleh kakeknya. Jika mendengar bisikannya maka itu adalah suatu peringatan. Jika bisikan itu dekat maka aman, namun jika suaranya terdengar jauh maka mengindikasikan bahaya. Sosoknya tinggi, kurus, sering mengenakan topi jerami, dan bercelana pendek.

4. La Patasola

seram wiki  © 2016 brilio.net

foto:  jewelsyavila / Via instagram.com


Dia awalnya menjelma sebagai sosok perempuan. Mengelabui laki-laki agar mencintainya. Namun menjauhkan laki-laki dari pergaulan lalu memangsa daging dan darahnya.

5. El Chupacabra.

seram wiki  © 2016 brilio.net

foto: Alvin Padayachee / Via commons.wikimedia.org


Arti namanya adalah pengisap kambing. Wujudnya seperti beruang kecil namun ada duri-duri di punggungnya.

6. La Ciguapa

seram wiki  © 2016 brilio.net

foto: lexnonscripta / Via instagram.com


Kulitnya berwarna biru atau coklat. Kakinya terpasang terbalik. Rambut panjang menutupi badannya. Tinggal di pegunungan Republik Dominika. Dia memancing traveler ke hutan, melakukan seks lalu membunuhnya.

7. El Sombrerón

seram wiki  © 2016 brilio.net

foto: kenyarodca / Via instagram.com


Dia dikenal pula dengan nama Tzipitio atau Tzizimite. Dia adalah seorang pria pendek dengan pakaian hitam, topi hitam besar. Kesukaannya adalah membuat kepang. Baik itu ekor kuda, rambut kuda, dan terkadang anjing. Terkadang wanita muda bisa jadi korbannya. Jika sudah bertemu dia, maka korban sulit tidur.

8.  La Sayona

seram wiki  © 2016 brilio.net

foto: glenisgomz / Via instagram.com


Dia adalah sosok yang penuh dendam. Memangsa lelaki yang selingkuh yang sampai melakukan seks ketika sudah menikah. Dia akan membuat lelaki yang selingkuh terluka dan meninggalkannya di tempat yang jauh, dapat pula mematahkan kemaluan, atau memberi penyakit aneh.

9. Los Duendes

seram wiki  © 2016 brilio.net

foto: alvaroffdez / Via instagram.com


Mirip jembalang. Dikenal suka memakan kuku anak-anak, namun sesekali juga menghabiskan keseluruhan kaki.

10. El Culebrón

seram wiki  © 2016 brilio.net

foto: memoriachilena.cl


Dideskripsikan seperti ular besar besisik hitam, mata merah, dan kepala menyerupai kuda. Dia bisa memangsa hartawan atau pengemudi yang ugal-ugalan.

11. El Cucuy

seram wiki  © 2016 brilio.net

foto: Francisco Goya / Via commons.wikimedia.org


Dia memangsa anak nakal lalu memakannya.

12. La Pascualita

seram wiki  © 2016 brilio.net

foto: dicicleta / Via instagram.com


Dia adalah manekin yang disebut-sebut awetan mayat seorang wanita yang mati tepat di hari pernikahannya. Rumornya dia kerap berjalan ke toko-toko.

13. La Chorca.

seram wiki  © 2016 brilio.net



foto: sophia1299 / Via instagram.com


Dikenal sebagai burung hantu betina. Di pagi hari sebagai sosok wanita dan di malam hari bersosok monster haus darah. Dia memangsa anak kecil dari satu tempat ke tempat lain dengan sangat cepat.

14. La Siguanaba.

seram wiki  © 2016 brilio.net

foto: deofuentes / Via instagram.com


Berwujud perempuan dengan rambut panjang dengan kepala seperti kuda. Memangsa pria dewasa maupun anak-anak. Dia dapat menyerupai penampilan dan suara istri atau orantua.

15.  La Llorona.

seram wiki  © 2016 brilio.net

foto: cupegui0 / Via instagram.com


Dia adalah setan perempuan yang mencari sosok anaknya yang pernah tenggelam di sebuah sungai sebagai bentuk balas dendam karena diselingkuhi. Ketika sadar anaknya mati, dia ikut menenggelamkan diri. Dia memangsa anak lain untuk menggantikan jiwa anaknya yang ditolak untuk masuk surga.