Brilio.net - Sebelum menikah, seseorang biasanya akan menentukan konsep acara pernikahannya. Di era modern ini, ternyata masih banyak pasangan yang menikah dengan tema adat. Salah satu adat yang paling banyak dipakai yakni adat Jawa. 

Nggak hanya dipilih oleh masyarakat biasa, sederet seleb di Indonesia juga menikah dengan adat Jawa. Hal ini dilakukan untuk melestarikan budaya dari leluhur mereka supaya tidak dilupakan.

Dalam pernikahan adat Jawa, ada prosesi yang disebut 'panggih'. Dalam upacara panggih terdapat rangkaian acara yang bertujuan untuk memberi doa, baik kepada kedua pengantin dan memantapkan mereka dalam membina rumah tangga. Upacara panggih berarti pertemuan antara pengantin lelaki dan perempuan sebagai suami istri.

Biasanya pasangan pengantin akan saling melempar gulungan daun sirih, mencuci kaki, dan lain sebagainya. Dalam setiap prosesi yang dilakukan, terdapat banyak makna di dalamnya. Berikut 11 seleb gunakan adat panggih saat nikah, dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Rabu (14/12).