Brilio.net - Meski kebanyakan pernikahan para publik figur identik dengan konsep pernikahan internasional bernuansa modern, tapi tak sedikit pula yang memasukkan unsur-unsur budaya dan adat istiadat dalam rangkaian prosesi pernikahannya. Salah satu adat yang paling banyak digunakan para selebriti yakni pernikahan adat Jawa.

Dalam pernikahan adat Jawa, riasan pengantin menjadi salah satu hal yang menjadi perhatian. Terlebih gaya riasan pengantin adat Jawa memiliki aturan tersendiri karena terkait dengan berbagai simbol dari falsafah hidup yang bernilai tinggi.

Salah satu riasan yang cukup banyak dipilih adalah gaya paes ageng. Paes merupakan riasan di dahi yang berbentuk lekukan dan dibuat dari pidih atau sejenis lilin berwarna hitam.

Semula riasan pengantin ini hanya boleh digunakan oleh keluarga kerajaan di lingkungan keraton. Namun seiring berjalannya waktu, riasan ini boleh dipakai oleh masyarakat umum.

Begitu juga dengan para selebriti yang memilih menggunakan riasan paes ageng di hari pernikahannya. Siapa saja dan bagaimana pesona para artis ini saat pakai riasan paes ageng? Berikut potretnya seperti dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (13/12).