Brilio.net - Kabar meninggalnya penyanyi berdarah Ambon, Glenn Fredly, membuat banyak pihak masih tak percaya. Terasa begitu cepat dan sangat mendadak, Glenn Fredly diketahui meninggal di usia 44 tahun, pada Rabu (8/4) karena penyakit meningitis.

Kesedihan semakin mendalam karena kepergian Glenn Fredly bertepatan dengan 40 hari kelahiran buah hatinya bersama sang istri Mutia Ayu, bernama Gewa Atlanta Syamayim Latuihamallo.

Tak hanya para seleb saja yang mengenang kepergian pria dengan nama lengkap Glenn Fredly Deviano Latuihamallo ini, namun sederet pejabat negara juga begitu terpukul dan seakan tak percaya musisi terbaik Indonesia meninggalkan mereka untuk selama-lamanya.

Glenn Fredly memang merupakan sosok yang begitu mengagumkan di mata banyak orang. Siapa saja pejabat negara yang memberikan ucapan duka atas meninggalnya Glenn Fredly?

Dihimpun brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (9/4), 8 pejabat negara yang turut berduka atas meninggalnya Glenn Fredly.


1. Ridwan Kamil.

foto: Instagram/@ridwankamil



Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengunggah momen ketika dirinya bersalaman bersama Glenn Fredly. Ia juga menambahkan alunan musik yang cukup menyentuh hati. Dalam unggahannya itu ia menjelaskan bahwa tak mudah menerima kabar duka tersebut.

"Di tengah suasana saat ini yang begitu sulit bagi kita semua, kita turut berduka cita atas berpulangnya musisi kebanggaan tanah air, Glenn Fredly," ujar pria yang akrab disapa Kang Emil itu.

"Karya musiknya, pesan-pesan kemanusiaannya juga semangat persatuannya akan selalu menjadi inspirasi bagi kita, yang saat ini masih diberi Tuhan kesempatan untuk memperbaiki diri dan kesempatan untuk lebih memuliakan sesama," timpalnya lagi.

Ridwan Kamil mengucapkan selamat jalan untuk Glenn Fredly dan akan selalu mengenang karya-karya terbaiknya.

"You are gone too soon. Selamat Jalan dalam damai Glenn Fredly. Doa terbaik dari kami semua," pungkasnya.


2. Sri Mulyani.

foto: Instagram/@smindrawati



Menteri Keuangan Indonesia, Sri Mulyani merasa kehilangan sosok teman seperti Glenn Fredly. Bagi Sri Mulyani, Glenn merupakan sosok yang peduli terhadap perkembangan industri musik dan kesejahteraan para musisi serta seniman Indonesia.

"Saya kehilangan seorang teman yang memiliki kepedulian yang sangat besar terhadap berkembangnya industri musik dan kesejahteraan para musisi serta seniman Indonesia," tulisnya.

"Beberapa potongan interaksi Glenn Fredly dengan saya.
Glenn Fredly memeriahkan revitalisasi kawasan Blok M (M Bloc Space) menjadi kawasan kreatif dan performance para artis muda. Glenn Fredly peduli dan cinta kepada Tanah Ambon sebagai Kota Musik Indonesia. Glenn Fredly hadir di Kemenkeu untuk berdiskusi mengenai bagaimana kita bisa mengembangkan industri musik di Indonesia," ujarnya lagi.

"Selamat tinggal Glenn Fredly, kepedulianmu adalah warisan abadi bagi dunia seni musik Indonesia.
Selamat jalan ke peristirahatan terakhir, Glenn Fredly. Semoga engkau mendapat tempat terbaik di sisi Tuhan Yang Maha Esa," katanya.

Sri Mulyani juga turut mengucapkan duka mendalam pada keluarga yang ditinggalkan.

"Salam dan peluk duka terdalam teruntuk Mutia Ayu dan putri tercinta Gewa.
Ayahmu adalah sosok yang sangat membanggakan.
Indonesia, kami semua kehilangan Glenn Fredly," pungkasnya.


3. Emil Elestianto Dardak.

foto: Instagram/@emildardak



Wakil Gubernur Jawa Timur dan sekaligus suami dari Arumi Bachsin juga turut berduka atas kepergian Glenn Fredly. Seperti diketahui, selain dirinya merupakan pejabat negara, ia juga merupakan seorang penyanyi.

Dalam unggahannya Emil Dardak menuliskan kesedihannya atas meninggalnya musisi terbaik Indonesia itu.

"Selamat jalan Bung Glenn. Musisi yang mendedikasikan diri kepada dunia musik, bukan hanya untuk dirinya, tapi untuk kemajuan insan-insan musik Indonesia. Ini momen sebelum konser almarhum di Surabaya awal tahun ini, beliau memilih tumpengan dan doa bersama demi kelancaran Konser yang menandai 25 tahun karir musik Glenn Fredly," katanya.

Ternyata Emil dan Glenn Fredly sempat membicarakan beberapa rencana untuk Jawa Timur.

"Banyak rencana besar untuk Jawa Timur yang sempat kita bahas, namun takdir berkata lain. Karyamu akan tetap hadir mewarnai perjalanan bangsa ini, kami bangga kepadamu Bung! Semoga istri dan putri almarhum diberikan perlindungan oleh Tuhan YME," pungkasnya.


4. Basuki T Purnama.

foto: Instagram/@basukibtp



Komisaris Utama Pertamina, Basuki T Purnama atau yang lebih dikenal dengan panggilan Ahok juga mengungkapkan rasa kehilangannya atas meninggalnya Glenn Fredly.

Bagi Ahok Glenn Fredly merupakan musisi panutan yang dimiliki Indonesia. Ia mendoakan yang terbaik untuk Glenn Fredly.

"Selamat jalan @glennfredly309. Salah satu musisi panutan yang dimiliki oleh Indonesia. Rest In Peace," tulis Ahok dalam unggahannya.

2 dari 2 halaman




5. Anies Baswedan.

foto: Instagram/@aniesbaswedan



Gubernur Jakarta, Anies Baswedan mengungkapkan bahwa Glenn Fredly merupakan musisi yang memang sangat membanggakan, tak hanya dari sisi karyanya, namun juga kegigihannya memperjuangkan musik dan kemanusiaan.

"Kejernihan suara itu mengalir dari hati yang indah. Dari hati itu pula gerak kepedulian memancar. Jadilah ia musisi yang aktivis," ujar Anies.

"Ia memilih repot, memilih terjun langsung: memilih rute tak biasa. Itulah yang membuatnya jadi penjuru, jadi rujukan. Itulah Glenn!" sambung Anies.

Bagi Anies, Glenn Fredly merupakan sosok yang sangat peduli terhadap orang lain. Hal ini terbukti ketika mereka ngobrol, Glenn selalu membicarakan sesuatu yang penting.

"Setiap ngobrol selalu ia bicara tentang masyarakat, tak pernah ngobrol kosong. Selalu berorientasi aksi. Telah dicukupkan usianya, tapi karyanya, kepeduliannya, semangatnya dan suaranya akan selalu bersama Indonesia... bersama kita semua. Selamat jalan Glenn," pungkasnya.


6. Triawan Munaf.

foto: Instagram/@triawanmunaf



Komisaris Utama Garuda Indonesia dan juga seorang musisi, Triawan Munaf menyampaikan rasa duka mendalam atas kepergian Glenn Fredly.

Tak banyak yang disampaikan Triawan, namun potret kebersamaannya dengan Glenn membuktikan bahwa dirinya begitu bangga dengan sosok penyanyi berdarah Ambon tersebut.

"RIP Bung Glenn. Gone too soon.," kata Triawan Munaf.


7. Erick Thohir.

foto: Instagram/@erickthohir



Menteri Badan Usaha Milik Negara, Erick Thohir menyampaikan rasa duka mendalam atas meninggalnya Glenn Fredly dan ia juga mendoakan yang terbaik untuk Glenn.

"Duka cita yang mendalam atas wafatnya salah satu musisi kebanggaan Indonesia @glennfredly309," ujar Erick Thohir.

"Semoga mendapatkan tempat terindah di sisi Tuhan YME. Semoga keluarga yang ditinggalkan dapat diberikan ketabahan dan kesabaran. Selamat Jalan Glenn, karyamu akan selalu abadi," pungkasnya.


8. Tantowi Yahya.

foto: Instagram/@tantowiyahyaofficial



Anggota Komisi I dan Wakil Ketua Badan Kerjasama Antar Parlemen, Tantowi Yahya merupakan sosok yang cukup dekat dengan Glenn Fredly. Bahkan dalam beberapa kesempatan ia sempat duet bareng Glenn Fredly, tak heran jika dirinya begitu merasa kehilangan.

"Pagi ini langit serasa runtuh ketika membaca berita dari tanah air, Glenn Fredly meninggal. Langit Wellington yang berawan gelap terasa semakin kelam. Tidak cukup kata untuk melukiskan betapa remuknya hati ini. Sungguh, kita belum siap menerima kenyataan ini," tulisnya.

Bagi Tantowi Yahya, Glenn merupakan sosok yang istimewa, ia tak hanya menjadi musisi andal, namun juga dikenal sebagai orang yang peduli terhadap orang lain.

"Glenn memang istimewa. Dia bukan sekedar seniman komplit, dia aktivis perjuangan perbaikan nasib penggiat musik Indonesia yang tidak pernah letih. Di negeri kita memperjuangkan ini bukan pekerjaan mudah namun dia terus bergerak karena dia bukan seniman yang selfish," katanya.

"Sejak saya ditempatkan sebagai Dubes RI di Pasifik, Glenn kawan berpikir dan diskusi yang kritis dalam menghadirkan Indonesia di komunitas Melanesia dan Polinesia di Pasifik melalui musik," ujarnya lagi.

"Bersama beberapa teman yang juga punya passion yang sama, Glenn sedang dalam perjuangan panjang memperbaiki ekosistem bisnis musik di Indonesia agar berkeadilan bagi pelakunya dan berkelanjutan industrinya, Tuhan memanggilnya pulang. Meski berat tapi Tuhan pasti punya rencana lebih baik buatnya," sambungnya.

Glenn Fredly akan menjadi sosok yang begitu dikenang oleh Tantowi Yahya.

"Selamat jalan Glenn. Karya2 hebatmu akan membuatmu terus hadir. Ketika penggiat musik di Indonesia sejahtera karena adanya keadilan, salah satu nama yang akan disebut adalah Glenn Fredly. Ketika nama Indonesia semakin berkibar dan eksis di Pasifik, saya pasti akan menyebut namamu. Rest in Peace modern day hero," pungkasnya.