Brilio.net - Buruknya kualitas udara yang ada pada saat ini menjadi sebuah momok tersendiri bagi sejumlah masyarakat. Wajar saja, sebab jika terlalu sering terpapar kondisi udara yang buruk, maka kondisi kesehatan bukan tidak mungkin akan ikut terganggu.

Untuk itu, biasanya sebagian orang pun menghindari buruknya kualitas udara di luar rumah dengan berlindung di dalam ruangan atau huniannya masing-masing.

Permasalahannya, kadang kala ruangan atau hunian tersebut tidak memiliki sirkulasi udara yang baik. Akibatnya, udara yang ada di dalamnya pun menjadi buruk.

Nah, jeleknya kualitas udara di dalam rumah ini rupanya bisa berdampak lebih buruk dibanding luar rumah. Pasalnya, sejumlah hal bisa menyebabkan meluap dan munculnya racun pada udara di rumah.

Lalu, bagaimana cara yang efektif dan mudah untuk meningkatkan kualitas udara di dalam rumah ini? Dilansir brilio.net dari The Health Site pada Kamis (14/5), berikut 5 caranya.

Loading...

1. Sering buka jendela.

rumah © 2020 brilio.net

foto: pinterest.com

Meski udara di luar rumah cukup buruk, tak berarti kamu harus menutup rumah sepenuhnya. Dengan ventilasi udara yang baik, alergen yang ada di dalam rumah tidak bakal bertumpuk, sehingga kualitas udara pun jadi lebih baik.

2. Taruh tanaman di dalam rumah.

rumah © 2020 brilio.net

foto: sumcoco.com

Meletakkan tanaman di dalam rumah dapat menjadi cara terbaik untuk menghilangkan ammonia, benzena, dan formaldehida dari udara dalam rumah.

3. Letakkan salt lamp.

rumah © 2020 brilio.net

foto: pinterest.com

Lampu ini dapat memproduksi ion yang meningkatkan kualitas udara dalam ruangan. Tak cuma itu, ia juga dapat menghilangkan iritan udara, patogen, serta alergen dalam ruangan.

4. Beri minyak esensial di dalam ruangan.

rumah © 2020 brilio.net

foto: goodmart.sg

Berdasarkan riset yang dipublikasikan ke National Institute of Health (NIH), minyak esensial bisa membunuh bakteri yang berterbangan, menghilangkan virus, jamur, dan cendawan di dalam rumah.

5. Bersihkan filter pendingin ruangan secara rutin.

rumah © 2020 brilio.net

foto: chaveshvac.com

Filter AC perlu dibersihkan secara rutin guna mencegah sejumlah masalah, baik kesehatan maupun fungsinya. Terkumpulnya debu di filter AC tak hanya dapat merusak kualitas udara, namun juga meningkatkan risiko udara buruk di rumah.