Brilio.net - Rumus GNP (Gross National Product) atau nama lainnya PNB (Produk Nasional Bruto) adalah nilai total barang dan jasa yang dihasilkan oleh warga negara suatu negara, baik di dalam maupun di luar negeri dalam satu tahun.

Nah, rumus ini adalah salah satu indikator yang digunakan untuk mengukur pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan suatu negara. GNP dapat menunjukkan kontribusi masyarakat terhadap perekonomian negara. Hal ini pun tak terlepas dari pengaruh GNP terhadap usaha masyarakat.

Pasalnya, GNP mencerminkan pendapatan nasional yang diperoleh oleh masyarakat dari berbagai sumber, baik dari sektor formal maupun informal. Semakin tinggi GNP, semakin tinggi pula pendapatan rata-rata masyarakat. Begitu juga dengan kualitas hidup masyarakat.

Selain mencerminkan pendapatan rata-rata masyarakat, GNP juga mencerminkan kemampuan suatu negara untuk menyediakan berbagai fasilitas dan layanan publik bagi masyarakat, seperti infrastruktur, kesehatan, pendidikan, dan lingkungan. Semakin tinggi GNP, semakin baik pula kualitas hidup masyarakat.

Nah, supaya kamu lebih paham tentang formulasi GNP, berikut brilio.net akan mengulik rumus GNP mulai dari pengertian atau konsep, faktor yang mempengaruhi, perbedaan GNP dan GDP serta contoh soalnya. Yuk simak penjelasannya seperti dilansir brilio.net dari berbagai sumber pada Rabu (1/11).