Brilio.net - Setiap orang pasti menginginkan kehidupan yang tenang dan damai. Sebagai makhluk sosial, kamu pasti membutuhkan orang lain dalam menjalani keseharian. Terutama di kehidupan bersosial dan bermasyarakat, tentu kamu ingin berjalan dengan lancar dan tanpa pertikaian.

Oleh sebab itu, penting untuk hidup rukun di lingkungan masyarakat. Hidup rukun di lingkungan masyarakat melibatkan banyak aspek. Salah satunya, kamu perlu menghormati berbagai norma dan etika yang berlaku dalam masyarakat. Individu atau kelompok yang hidup rukun harus mengikuti aturan, nilai-nilai moral, dan prinsip-prinsip yang diterima secara luas dalam komunitas.

Hidup rukun di lingkungan masyarakat memiliki segudang manfaat yang dapat mempersatukan masyarakat di tengah perbedaan yang ada. Apa saja manfaatnya? berikut disajikan 11 manfaat hidup rukun di lingkungan masyarakat beserta penjelasannya, dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (21/6).

Pengertian hidup rukun.

Manfaat hidup rukun di lingkungan masyarakat © 2023 brilio.net

foto: pexels.com

Hidup rukun di lingkungan masyarakat merupakan pola hidup individu dan kelompok masyarakat yang sepakat hidup bersama dengan saling menghormati serta menyayangi satu sama lain. Merujuk pada buku Pentingnya Hidup Rukun karya Eko Purwaningsih (2012) menjelaskan, hidup rukun sebagai suatu konsep yang terjalin kehidupan masyarakat agar merasa tentram dan tenang agar segala sesuatu dalam kehidupan bermasyarakat dapat berjalan lancar. Hidup rukun di lingkungan masyarakat juga menjunjung norma-norma hukum dan norma-norma yang ada dalam masyarakat.

Pada prinsipnya hidup rukun di lingkungan masyarakat mengacu pada keadaan harmoni, saling pengertian, dan kerjasama antara individu-individu dalam suatu komunitas atau lingkungan sosial. Ini melibatkan sikap saling menghormati, toleransi, keadilan, dan pemahaman terhadap perbedaan antara sesama anggota masyarakat.