Brilio.net - Salah satu mata pelajaran yang kayaknya gampang tapi ternyata susah, bisa jadi adalah ekonomi. Buat kamu yang sengaja nggak masuk jurusan IPA demi menghindari hitung-hitungan, jangan senang dulu. Di jurusan IPS kamu bakal tetap diajak menghitung saat mempelajari mata pelajaran ekonomi.

Nyatanya, di mata pelajaran ekonomi juga ada rumus yang harus dipahami lho. Salah satunya adalah rumus pertumbuhan ekonomi. Rumus ini biasanya digunakan untuk mengukur seberapa jauh pertumbuhan ekonomi di suatu negara dalam jangka waktu tertentu.

Nah, langsung aja deh. Berikut ini brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Jumat (27/10), penjelasan tentang rumus pertumbuhan ekonomi, pengertian, contoh soal serta cara mudah mengerjakannya.

Pengertian pertumbuhan ekonomi.

Sebelum lebih jauh mengetahui tentang rumus pertumbuhan ekonomi, ada baiknya kamu memahami apa itu istilah pertumbuhan ekonomi.

Pertumbuhan ekonomi adalah suatu konsep yang merujuk pada peningkatan nilai dari produk domestik bruto (PDB) suatu negara dalam periode waktu tertentu. Dalam konteks ekonomi, PDB adalah ukuran nilai semua barang dan jasa yang dihasilkan dalam suatu negara selama periode waktu tertentu, biasanya satu tahun.

Pertumbuhan ekonomi mengindikasikan peningkatan kapasitas suatu negara untuk menghasilkan barang dan jasa. Ini adalah indikator penting kesejahteraan ekonomi suatu negara dan dapat diukur dalam berbagai cara.