Brilio.net - Dalam kehidupan sehari-hari pastinya tidak terlepas dengan aktivitas jual beli. Jual beli yang terdiri dari beberapa syarat diantaranya ada pembeli/konsumen, pedagang/produsen, barang dan tentunya kesepakatan/akad jual beli. Apabila serangkaian syarat itu terpenuhi maka akan terjadi aktivitas jual beli. 

Dalam kegiatan jual beli tersebut pastinya akan ada sebuah permintaan dari konsumen terhadap produk yang diinginkan. Nah, kali ini kita akan membahas terkait dengan fungsi permintaan. 

Apa itu fungsi permintaan? Agar bisa lebih paham dengan fungsi permintaan kamu bisa simak penjelasan yang brilio.net ulas berikut ini, dikutip dari beberapa sumber, Senin (31/10).

Pengertian fungsi permintaan

Fungsi permintaan merupakan fungsi yang menunjukkan hubungan antara jumlah barang atau jasa yang diminta oleh konsumen (qd) dan harga (p) barang atau jasa. Permintaan adalah jumlah keseluruhan barang atau jasa yang ingin dibeli oleh konsumen dalam berbagai tingkatan harga. Fungsi permintaan punya hubungan erat dengan hukum permintaan.

Hukum permintaan berbunyi: "Semakin turun tingkat harga, maka semakin banyak jumlah barang yang tersedia diminta, dan sebaliknya semakin naik tingkat harga semakin sedikit jumlah barang yang bersedia diminta."