Faktor yang memengaruhi GNP.

Rumus GNP dan contoh soal © 2023 brilio.net

foto: freepik.com

Semakin tinggi GNP maka semakin sejahtera kehidupan suatu negara. Adapun faktor yang memengaruhi tingkat GNP suatu negara sebagai berikut:

1. Sumber daya manusia.

Jumlah, kualitas, dan produktivitas tenaga kerja yang dimiliki oleh suatu negara berpengaruh terhadap tingkat produksi dan pendapatan nasional. Semakin banyak, berkualitas, dan produktif tenaga kerja, semakin tinggi pula GNP.

2. Sumber daya alam.

Ketersediaan, kualitas, dan pemanfaatan sumber daya alam yang dimiliki oleh suatu negara berpengaruh terhadap tingkat produksi dan pendapatan nasional. Semakin melimpah, berkualitas, dan termanfaatkan sumber daya alam, semakin tinggi pula GNP.

3. Modal.

Jumlah, kualitas, dan efisiensi modal yang dimiliki oleh suatu negara berpengaruh terhadap tingkat produksi dan pendapatan nasional. Modal meliputi alat-alat produksi, infrastruktur, teknologi, dan keuangan. Semakin banyak, berkualitas, dan efisien modal, semakin tinggi pula GNP.

4. Teknologi.

Tingkat kemajuan, penguasaan, dan pengembangan teknologi yang dimiliki oleh suatu negara berpengaruh terhadap tingkat produksi dan pendapatan nasional. Teknologi dapat meningkatkan produktivitas, efisiensi, inovasi, dan diversifikasi barang dan jasa. Semakin maju, dikuasai, dan dikembangkan teknologi, semakin tinggi pula GNP.

5. Kebijakan pemerintah.

Jenis, arah, dan dampak kebijakan pemerintah yang diterapkan di suatu negara berpengaruh terhadap tingkat produksi dan pendapatan nasional. Kebijakan pemerintah meliputi kebijakan fiskal, moneter, perdagangan luar negeri, investasi asing, pembangunan daerah, perlindungan lingkungan, dan sebagainya. Kebijakan pemerintah yang mendukung pertumbuhan ekonomi dapat meningkatkan GNP.