Perbedaan antara GNP dan GDP.

Rumus GNP dan contoh soal © 2023 brilio.net

foto: freepik.com

Perbedaan antara GNP dan GDP adalah sebagai berikut:

- GNP (Gross National Product) atau Produk Nasional Bruto adalah nilai total barang dan jasa yang dihasilkan oleh warga negara suatu negara, baik di dalam maupun di luar negeri, dalam periode tertentu.

- GDP (Gross Domestic Product) atau Produk Domestik Bruto adalah nilai total barang dan jasa yang dihasilkan di wilayah suatu negara, tanpa memandang kewarganegaraan pelaku ekonominya, dalam periode tertentu.

Dengan kata lain, GNP menggunakan konsep kewarganegaraan, sedangkan GDP menggunakan konsep wilayah atau geografis. Contoh:

- Jika seorang warga negara Indonesia bekerja di Amerika Serikat dan menghasilkan pendapatan, maka pendapatan tersebut akan termasuk dalam GNP Indonesia, tetapi tidak termasuk dalam GDP Indonesia.

- Jika seorang warga negara Amerika Serikat bekerja di Indonesia dan menghasilkan pendapatan, maka pendapatan tersebut akan termasuk dalam GDP Indonesia, tetapi tidak termasuk dalam GNP Indonesia.

GNP dan GDP dapat digunakan sebagai indikator untuk mengukur pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan suatu negara. Namun, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Beberapa faktor yang dapat memengaruhi perbedaan antara GNP dan GDP adalah:

- Penghasilan dalam dan luar negeri: GNP mencakup penghasilan dari luar negeri yang diperoleh oleh warga negara suatu negara, sedangkan GDP tidak memperhitungkan hal ini.

- Pertumbuhan populasi: GNP memperhitungkan pertumbuhan penduduk dalam menghitung kemakmuran nasional, sedangkan GDP tidak memperhitungkan faktor ini.

- Perdagangan luar negeri: GNP mencakup total volume perdagangan yang melibatkan produsen dalam negara maupun luar negeri, sedangkan GDP hanya mencakup perdagangan yang terjadi dalam suatu negara.

- Investasi asing: GNP memperhitungkan investasi yang dilakukan oleh warga negara suatu negara di luar negeri, sedangkan GDP tidak memperhitungkan hal ini.