Brilio.net - Pernah dengar istilah fraksi mol? Nggak asing lagi bukan? Rumus fraksi mol memang telah diajarkan sejak di bangku SMP. Tahu nggak sih fraksi mol ternyata fenomena kimia yang sering banget disaksikan sehari-hari. Nggak percaya? Coba deh amati minuman americano atau teh yang kamu konsumsi setiap hari.

Sadar nggak sih jika minuman americano yang diminum itu ada kaitannya dengan fraksi mol lho? Setiap nongkrong bareng teman dan pesan kopi, kamu mungkin akan melihat saat barista meracik kopi. Nah pada proses meracik kopi, ada tahapan ketika sari kopi atau espreso terlarut dalam air kemudian berubah menjadi larutan americano.

Dalam fenomena kimia, espreso tersebut dikenal sebagai zat terlarut sementara air merupakan zat pelarut. Penyatuan kedua zat ini disebut sebagai larutan americano.

Selain melihat reaksi percampuran larutan tersebut, ada hal lain yang perlu dipahami, yaitu seberapa banyak zat terlarut yang terkandung di dalam zat pelarut itu. Nah, cara untuk mengetahui jumlah campuran larutan itu dikenal sebagai konsentrasi larutan. Salah satu konsentrasi yang penting dipahami adalah fraksi mol. Lantas apa itu fraksi mol?

Untuk memahami apa itu fraksi mol, yuk simak artikel ini yang akan mengupas tuntas tentang rumus fraksi mol, lengkap dengan pengertian, contoh soal dan pembahasannya. Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (29/11).