Definisi rumus fraksi mol.

rumus fraksi mol © 2023 brilio.net

foto: freepik.com

Fraksi mol atau disebut juga fraksi molar, adalah ukuran yang menyatakan seberapa besar suatu komponen menyumbang terhadap jumlah total mol dalam suatu campuran. Fraksi mol dinyatakan sebagai rasio antara jumlah mol suatu komponen dengan jumlah total mol dalam campuran tersebut.

Dengan kata lain, rumus fraksi mol adalah salah satu cara untuk menyatakan konsentrasi larutan dengan membandingkan jumlah mol sebagian zat, baik itu zat terlarut atau zat pelarut, terhadap jumlah mol total komponen larutan.

Dalam perhitungan kimia, rumus fraksi mol dilambangkan dengan x dan terbagi menjadi dua, yaitu fraksi mol zat terlarut (Xt) dan fraksi mol zat pelarut (Xp). Berikut adalah rumus fraksi mol untuk masing-masing zat:

1. Fraksi mol zat terlarut (Xt) = Jumlah mol zat terlarut (nt) / Jumlah mol total komponen larutan (nt + np)

2. Fraksi mol zat pelarut (Xp) = Jumlah mol zat pelarut (np) / Jumlah mol total komponen larutan (nt + np)

Keterangan:

nt = Jumlah mol zat terlarut
np = Jumlah mol zat pelarut
Xt = Fraksi mol zat terlarut
Xp = Fraksi mol zat pelarut

Selanjutnya, salah satu kegunaan fraksi mol adalah untuk menyatakan konsentrasi larutan yang tidak dipengaruhi oleh suhu dan tekanan. Tak hanya itu, rumus fraksi mol juga berfungsi untuk menghitung sifat koligatif larutan, yaitu sifat larutan yang bergantung pada jumlah partikel zat terlarut, seperti penurunan tekanan uap, kenaikan titik didih, penurunan titik beku, dan tekanan osmosis.