Brilio.net - Penurunan tekanan uap adalah salah satu sifat koligatif larutan yang menyatakan bahwa tekanan uap larutan akan lebih rendah daripada tekanan uap pelarut murni. Penurunan tekanan uap terjadi karena adanya zat terlarut yang tidak mudah menguap, sehingga mengurangi jumlah molekul pelarut yang dapat berpindah dari fase cair ke fase gas.

Untuk menghitung penurunan tekanan uap suatu zat maka dibutuhkan rumus penurunan tekanan uap. Dimana penurunan tekanan uap dapat dihitung dengan menggunakan rumus yang dikenal sebagai hukum Raoult, yang menyatakan bahwa penurunan tekanan uap sebanding dengan fraksi mol zat terlarut.

Nah, pada artikel ini brilio.net mengulas pengertian, rumus, dan contoh soal tentang rumus penurunan tekanan uap. Nggak sampai situ, brilio.net juga akan memberikan latihan soal dan pembahasannya sehingga kamu mudah mempelajari materi fisika terutama tentang rumus penurunan tekanan uap.

Berikut ulasan lengkap rumus penurunan tekanan uap, pahami pengertian, indikator, dan cara mudah menghitungnya yang dilansir brilio.net dari berbagai sumber pada Rabu, (15/11). Yuk simak selengkapnya!