Brilio.net - Mungkin kamu pernah mendengar istilah bunga majemuk, tetapi apakah kamu tahu apa arti dari jenis bunga ini? Bunga majemuk adalah bunga yang dihitung berdasarkan modal awal ditambah dengan bunga yang diperoleh pada periode sebelumnya.

Bunga majemuk biasanya diterapkan pada produk simpanan atau pinjaman yang memiliki jangka waktu lama. Bunga majemuk dapat membuat modal tumbuh lebih cepat daripada bunga sederhana, yang hanya dihitung berdasarkan modal awal saja.

Dengan demikian dapat dikatakan bahwa bunga majemuk merupakan salah satu konsep penting dalam bidang keuangan, terutama dalam hal investasi dan pinjaman. Oleh karena itu, penting untuk mempelajari rumus bunga majemuk. Dengan memahami rumus bunga majemuk, kamu dapat mengambil keputusan keuangan yang tepat dan tentu menguntungkan.

Selain itu, rumus bunga majemuk juga dapat membantu merencanakan masa depan keuangan dengan lebih baik, seperti mempersiapkan dana darurat, dana pendidikan, dana pensiun, dan dana impian lainnya. Nah, supaya kamu lebih paham tentang rumus bunga majemuk ini, berikut brilio.net mengulik seputar rumus bunga majemuk mulai dari pengertian, periode, dan cara mudah menghitungnya, dilansir dari berbagai sumber pada Kamis (2/11).

Definisi bunga majemuk.

Rumus bunga majemuk © 2023 brilio.net

foto: freepik.com

Merujuk pada Investopedia, dapat dipahami bahwa definisi bunga majemuk adalah bunga yang dihitung pada prinsip awal, yang juga mencakup semua akumulasi bunga dari periode sebelumnya pada deposito atau pinjaman. Bunga majemuk dihitung dengan mengalihkan jumlah pokok awal dengan satu ditambah tingkat bunga tahunan dinaikkan ke jumlah periode majemuk dikurangi satu.

Sementara itu, menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK), bunga majemuk adalah bunga yang dihitung atas jumlah pinjaman pokok ditambah bunga yang diperoleh sebelumnya. Misalnya, jika seseorang menyimpan uangnya di bank Rp 1.000,00 pada tingkat bunga 10% per tahun, pada akhir tahun pertama akan diperhitungkan menjadi Rp 1.100,00 dan pada akhir tahun ke-2 akan menjadi Rp 1.210,00 (compound interest).

Mendukung penjelasan tersebut, Rini Purnamawati, penulis e-Modul Matematika kelas IX terbitan Kemendikbud, juga berpendapat bahwa bunga majemuk adalah bunga yang diberikan tidak hanya berdasarkan pada uang yang ditabungkan, tetapi bunganya juga. Tak hanya produk simpanan, bunga majemuk juga diterapkan pada produk pinjaman.

Jadi, secara umum bunga majemuk adalah bunga yang diberikan setiap akhir jangka waktu tertentu berdasarkan modal awal. Bunga majemuk juga dapat dihitung atas jumlah pinjaman pokok dan bunga yang sebelumnya diperoleh. Bunga majemuk menjadi salah satu faktor penting dalam proses investasi, sebab terbukti dapat memberikan sejumlah keuntungan yang terus meningkat di masa mendatang.