Brilio.net - Kata pendefinisian dapat dipahami sebagai kata yang menjelaskan tentang proses atau suatu hal agar lebih mudah dipahami. Namun tidak hanya sebuah kata saja, kata pendefinisian juga menjelaskan tentang suatu konsep, objek, atau istilah. Sehingga pada prinsipnya kata pendefinisian bertujuan untuk mengklarifikasi arti dari suatu kata atau gagasan sehingga dapat dipahami dengan lebih baik oleh pembaca atau pendengar.

Untuk memahami kata pendefinisian lebih mendalam, berikut brilio.net memberikan ulasan lengkap tentang contoh kata pendefinisian beserta pengertian, ciri, jenis, dan cara menyertakan dalam kalimat, seperti dirangkum dari berbagai sumber, Senin (27/11).

Pengertian kata pendefinisian.

contoh kata pendefinisian © 2023 brilio.net

foto: freepik.com

Kata pendefinisian adalah kata yang digunakan untuk merujuk pada proses, cara, atau perbuatan yang memberikan definisi. Definisi adalah kata, frasa, atau kalimat yang mengungkapkan makna, keterangan, atau ciri utama dari orang, benda, proses, atau aktivitas. Nah, kata pendefinisian berasal dari kata dasar definisi, yang ditambahkan dengan awalan pe- dan akhiran -an.

Biasanya, kata pendefinisian digunakan dalam konteks penulisan, publikasi, atau pembelajaran yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan atau sains. Perlu dipahami pula, kata pendefinisian dapat membantu penulis atau pembaca untuk mengetahui atau memahami istilah-istilah yang sering muncul dalam sebuah tulisan. Dengan begitu, kata pendefinisian juga dapat diartikan sebagai kata yang berfungsi menjelaskan suatu konsep, teori, atau prinsip yang menjadi pokok pembahasan atau studi.

Sebagai gambaran memahami kata pendefinisian, ada beberapa contoh penggunaan kata pendefinisian dalam kalimat:

- Salah satu tugas mahasiswa adalah membuat laporan yang berisi pendefinisian masalah, tujuan penelitian, dan metode penelitian.