Ciri-ciri kata pendefinisian (definisi).

contoh kata pendefinisian © 2023 brilio.net

foto: freepik.com

Ciri-ciri kata definisi adalah sebagai berikut:

1. Kata definisi adalah kata yang digunakan untuk memberikan makna, keterangan, atau ciri utama dari orang, benda, proses, atau aktivitas.

2. Kata pendefinisian biasanya berupa kata, frasa, atau kalimat yang mengungkapkan pengertian dari suatu istilah atau konsep yang menjadi pokok pembahasan atau studi.

3. Kata definisi umumnya menggunakan kata penghubung seperti adalah, ialah, yaitu, merupakan, dan sebagainya untuk menghubungkan antara istilah yang didefinisikan dengan penjelasannya.

4. Selain itu, kata definisi juga bersifat umum, objektif, dan tidak mengandung kiasan, emosi, atau pendapat pribadi.

5. Kata pendefinisian mengikuti pakem umum yaitu tidak mengubah makna jika kalimatnya dibalik, meskipun istilah yang didefinisikan diletakkan di awal atau di akhir kalimat.

6. Umumnya kata pendefinisian digunakan dalam karya ilmiah, kamus, ensiklopedia, atau media informasi lainnya untuk memberikan fakta, pengetahuan, atau pemahaman tentang suatu hal.

Jenis-jenis kata pendefinisian.

contoh kata pendefinisian © 2023 brilio.net

foto: freepik.com

Secara sederhana, kata pendefinisian atau definisi merupakan kata yang menjelaskan sesuatu hal tanpa mengubah makna. Untuk memperdalam wawasan tentang kata pendefinisian, berikut beberapa jenisnya:

1. Definisi nominal.

Definisi yang menjelaskan makna suatu istilah berdasarkan kesepakatan atau konvensi, tanpa mengacu pada hakikat atau sifat asli dari istilah tersebut. Contoh definisi nominal adalah:

- Hukum adalah kumpulan peraturan yang mengatur tata tertib masyarakat dan ditegakkan oleh negara.

- Komputer adalah alat elektronik yang dapat menerima, mengolah, dan menyajikan data sesuai dengan instruksi yang diberikan.

2. Definisi realis.

Kata pendefinisian realis ini merujuk pada makna suatu istilah berdasarkan hakikat atau sifat asli dari istilah tersebut, tanpa mengacu pada kesepakatan atau konvensi. Contoh definisi realis adalah:

- Air adalah zat cair yang tidak berwarna, tidak berasa, dan tidak berbau, yang terdiri dari molekul-molekul H2O.

- Matahari adalah bintang yang berada di pusat tata surya, yang merupakan sumber energi dan cahaya bagi bumi dan planet-planet lainnya.

3. Definisi operasional.

Definisi operasi merupakan sebuah makna suatu istilah berdasarkan cara pengukuran, pengamatan, atau pengoperasian dari istilah tersebut. Contoh definisi operasional adalah:

- Suhu adalah ukuran derajat panas atau dinginnya suatu benda, yang dapat diukur dengan termometer.

- Fotosintesis adalah proses pembuatan makanan oleh tumbuhan hijau, yang dapat diamati dengan indikator iodin.