Brilio.net - Dari sekian banyak majas, personifikasi adalah majas yang menarik untuk dipelajari dalam bahasa Indonesia. Pasalnya, majas personifikasi tidak hanya menambah keindahan dalam penggunaannya, tetapi juga memberikan kekuatan deskriptif yang lebih dalam pada suatu narasi atau puisi.

Dengan memberikan karakter manusia pada objek non-manusia, seperti benda, tempat, hingga suasana tertentu, penulis menciptakan gambaran yang lebih hidup. Dengan begitu, pembaca atau pendengar bisa lebih merasakan dan memahami makna di balik kata-kata yang diberikan majas personifikasi di dalam sebuah tulisan.

Penggunaan majas personifikasi tidak hanya untuk keindahan sastra, tetapi juga untuk meningkatkan daya tarik dan makna suatu karya. Nah, buat kamu para pecinta sastra, kamu bisa menemukan lebih banyak lagi contoh kata majas personifikasi dengan menyimak penjelasan dalam artikel ini.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Jumat (24/11), berikut 50 contoh kata majas personifikasi, pengertian dan penggunaannya dalam kalimat.

Pengertian majas personifikasi

Contoh kata majas personifikasi freepik.com

foto: freepik.com

Majas personifikasi adalah bentuk majas yang memberikan sifat atau karakter manusia kepada objek non-manusia atau makhluk hidup yang tidak memiliki kemampuan untuk berpikir dan merasakan. Dengan kata lain, dalam majas ini, benda mati atau hewan diibaratkan memiliki sifat-sifat manusia. Tujuan dari penggunaan majas personifikasi adalah untuk memberikan gambaran yang lebih hidup dan menarik bagi pembaca atau pendengar.

Ciri-ciri majas personifikasi

Ciri utama dari majas personifikasi adalah pemberian sifat, tindakan, atau karakter manusia kepada objek non-manusia. Contohnya, ketika angin "mengeluh" atau bunga "mengucapkan selamat pagi." Selain itu, majas ini sering digunakan untuk menggambarkan alam atau fenomena alam dengan cara yang lebih menarik dan mendalam. Pemberian sifat manusia pada objek non-manusia tersebut membuat pembaca dapat lebih merasa terhubung dengan apa yang dijelaskan dalam teks.