Brilio.net - Salah satu materi yang wajib dipahami dalam mata pelajaran bahasa Indonesia adalah kata hubung subordinatif. Apa yang kamu tahu tentang kata hubung subordinatif? Di sekolah tentunya gurumu akan menerangkan materi kata hubung subordinatif ini untuk kamu pahami dengan seksama.

Pasalnya, materi kata hubung subordinatif ini juga nggak jarang keluar di soal ujian. Pokoknya jangan sampai lupa atau lalai deh dalam memahaminya. Buat kamu yang sedang belajar dan mencari lebih banyak lagi contoh kata hubung subordinatif, kamu bisa menyimak artikel berikut ini.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Rabu (22/11), ini dia 35 contoh kata hubung subordinatif, pahami pengertian dan penggunaannya dalam kalimat.

Pengertian Kata Hubung Subordinatif.

Contoh kata hubung subordinatif freepik.com

foto: freepik.com

Dalam teori bahasa Indonesia, kata hubung subordinatif adalah kata hubung yang digunakan untuk menghubungkan klausa subordinatif dengan klausa induktif dalam suatu kalimat. Klausa subordinatif adalah klausa yang tidak dapat berdiri sendiri sebagai kalimat utuh karena bergantung pada klausa induktif untuk memberikan makna yang lengkap.

Ciri-ciri Kata Hubung Subordinatif.

1. Menghubungkan klausa

Kata hubung subordinatif menghubungkan klausa subordinatif dengan klausa induktif.

2. Memiliki hubungan ketergantungan

Klausa yang diawali oleh kata hubung subordinatif bergantung pada klausa lainnya, yang merupakan klausa utama atau klausa induktif.

3. Menunjukkan hubungan hierarki

Kata hubung subordinatif menunjukkan hubungan hierarki antara klausa subordinatif dan klausa utama, menandakan bahwa satu klausa lebih penting atau mendukung yang lain.

Fungsi Kata Hubung Subordinatif.

1. Memberikan informasi tambahan

Kata hubung subordinatif membantu memberikan informasi tambahan yang mendetail pada suatu kalimat.

2. Menggambarkan hubungan waktu atau kondisi

Beberapa kata hubung subordinatif digunakan untuk menggambarkan hubungan waktu, kondisi, atau sebab-akibat antara klausa subordinatif dan klausa utama.

3. Membuat kalimat lebih kompleks

Kata hubung subordinatif membantu dalam pembentukan kalimat yang lebih kompleks dan berstruktur.

4. Meningkatkan keterhubungan kalimat

Dengan menggunakan kata hubung subordinatif, kalimat-kalimat dalam sebuah teks menjadi lebih keterhubung dan koheren, membentuk alur pemikiran yang jelas.