Brilio.net - Salah satu majas dalam pelajaran bahasa Indonesia yang dipelajari adalah majas hiperbola. Setiap hari, mungkin kamu sering mendengar seseorang berkata dengan cara melebih-lebihkan sesuatu. Misalnya ketika bercerita tentang pemandangan di pantai, temanmu akan menceritakan betapa menakjubkannya pemandangan pantai dengan gaya berlebihan. Itulah yang disebut hiperbola.

Contoh kata hiperbola dapat ditemukan dalam berbagai genre sastra, pidato, atau bahkan percakapan sehari-hari. Misalnya, dalam penggunaan hiperbola katabolik, seseorang mungkin mengatakan contoh kata hiperbola, “prestasi mereka luar biasa, mereka adalah jenius sejati yang tak tertandingi dalam sejarah."

Sementara dalam hiperbola meiosis, seseorang bisa mengatakan contoh kata hiperbola "dia adalah koki yang paling buruk di dunia, masakannya bisa membuat orang muntah”. Dengan demikian, majas hiperbola memberikan dimensi ekstra pada bahasa untuk mencapai efek retoris yang diinginkan.

Nah, dalam artikel ini kamu bisa menyimak lebih banyak lagi contoh kata hiperbola dalam berbagai bentuk. Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Jumat (24/11), berikut 75 contoh kata hiperbola, pengertian dan penggunaannya dalam kalimat.