Brilio.net - Dalam mata pelajaran bahasa Indonesia, kata kerja ataupun kata sifat, jika diberikan kata imbuhan, maka akan mengalami perubahan makna. Kata imbuhan sendiri adalah bagian dari morfologi bahasa yang digunakan untuk memodifikasi atau mengubah makna dari kata dasar.

Kata imbuhan ini dapat ditempatkan di awal, tengah, atau akhir kata dasar. Fungsinya adalah untuk memberikan nuansa atau makna tambahan pada kata dasar, sehingga membentuk kata baru dengan makna yang lebih spesifik.

Kata imbuhan sendiri punya beberapa ciri yakni:

1. Menyatu dengan kata dasar
Imbuhan bersifat terikat dan menyatu dengan kata dasar. Mereka tidak dapat berdiri sendiri sebagai kata yang memiliki makna lengkap.

2. Mengubah makna kata dasar
Imbuhan memberikan perubahan makna pada kata dasar. Perubahan tersebut dapat bersifat gramatikal, semantik, atau keduanya.

3. Bentuk tetap atau tetap tak berubah
Beberapa imbuhan memiliki bentuk yang tetap dan tidak berubah, sedangkan imbuhan lainnya dapat berubah sesuai dengan karakteristik fonologis kata dasar.

4. Berperan dalam pembentukan kata baru
Imbuhan berperan penting dalam proses pembentukan kata baru dalam bahasa.

Contoh soal kata berimbuhan freepik.com

foto: freepik.com

Selanjutnya, kata imbuhan mempunyai beberapa jenis. Pertama ada imbuhan awalan (prefiks), yakni imbuhan yang ditempatkan di awal kata dasar. Contoh: "me-" dalam kata "membaca". Kedua ada imbuhan akhiran (sufiks), yakni imbuhan yang ditempatkan di akhir kata dasar. Contoh: "-an" dalam kata "pelajaran".

Ketiga, imbuhan tengah (infiks atau interfiks), yaitu imbuhan yang ditempatkan di tengah kata dasar. Contoh: "-el-" dalam kata "kecil". Terakhir, ada imbuhan partikel (kata depan atau kata keterangan), yakni Imbuhan yang memberikan nuansa keterangan pada kata dasar. Contoh: "di-" dalam kata "disini".

Nah, buat kamu yang sedang ingin latihan contoh soal kata imbuhan, kamu bisa menyimak artikel berikut ini sampai habis. Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Selasa (21/11), ini dia 20 contoh soal kata imbuhan lengkap dengan kunci jawaban dan pembahasannya.