Brilio.net - Dalam kaidah Bahasa Indonesia, ada istilah kata kerja pasif. Jenis kata ini digunakan untuk menggeser fokus dari pelaku tindakan (subjek) ke objek yang menerima tindakan.

Dalam kalimat yang menggunakan kata kerja pasif, subjek atau pelaku tindakan sering kali tidak diungkapkan secara eksplisit atau ditempatkan dalam posisi yang kurang terlihat.

Selain itu, kata kerja pasif adalah teknik yang berguna dalam penulisan dan komunikasi untuk memberikan perhatian kepada objek yang menerima tindakan atau untuk menghindari menyebutkan pelaku ketika itu tidak penting.

Contoh kata kerja pasif Bahasa Indonesia freepik.com

foto: freepik.com

Pengertian Kata Pasif Dalam Bahasa Indonesia

Kata pasif dalam bahasa Indonesia merujuk pada suatu bentuk kalimat di mana objek atau penerima tindakan menjadi subjek utama, sementara pelaku tindakan seringkali tidak disebutkan atau ditempatkan dalam posisi yang kurang terlihat.

Dalam kalimat yang memakai kata kerja pasif dalam bahasa Indonesia, perhatian lebih diberikan kepada objek yang menerima tindakan daripada siapa yang melakukan tindakan. Kata "di" sering digunakan untuk membentuk kalimat pasif, diikuti oleh kata kerja dalam bentuk ketiga (partisip) dari kata kerja tersebut.

Penggunaan kata pasif sendiri dapat membantu menjaga kejelasan dan fokus dalam sebuah kalimat, serta menghindari perluasan kalimat yang terlalu panjang, atau menyampaikan informasi tanpa perlu mengungkapkan pelaku tindakan.

Penggunaan kata kerja pasif dalam bahasa Indonesia merupakan alat penting dalam penulisan maupun komunikasi lisan. Fungsinya pun bisa digunakan secara luas dalam berbagai konteks.

Nah, Dihimpun brilio.net dari berbagai sumber pada Selasa (24/10), berikut ini 65 contoh kata kerja pasif dalam Bahasa Indonesia: