Brilio.net - Sebagaian orang mungkin masih belum tahu tentang apa itu kata rujukan. Kata rujukan sendiri merupakan salah materi bahasa Indonesia. Kata ini seringkali dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan sering digunakan untuk merujuk suatu kata serta menghubungkan bagian teks pada suatu paragraf.

Supaya lebih memahami tentang kata rujukan, berikut ini adalah penjelasan tentang kata rujukan, mulai dari definisi, fungsi, jenis, sampai contoh kalimat, yang brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Kamis (1/12)

kalimat rujukan © 2022 brilio.net

foto: pexels.com

Pengertian kata rujukan

Secara umum, kata rujukan merupakan suatu kata yang digunakan untuk pengacuan pada sebuah hal atau untuk memperoleh keterangan yang jelas. Beberapa contoh kata rujukan yang kerap dipakai dalam bahasa Indonesia adalah ia, mereka, itu, beliau, dia, di sini, tersebut, dan masih banyak yang lainnya.

Sedangkan menurut beberapa ahli, kata rujukan mempunyai beberapa arti yang berbeda-beda. Berikut ini adalah pengertian dari kata rukukan menurut para ahli.

1. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata rujuk merupakan sebuah cara yang mengacu pada kata entri yang dicantumkan di tempat lain yang sudah diberikan definisi atau penjelasan. Sementara rujukan adalah keterangan lanjutan tentang sebuah hal atau sumber yang dipakai untuk mendapatkan keterangan lebih lanjut.

2. Menurut Taufiqur Rahman dalam buku Teks dalam Kajian Struktur dan Kebahasaan (2018), kata rujukan merupakan suatu kata yang merujuk pada kata lain yang telah diungkapkan sebelumnya. Keterangan lanjutan tentang satu hal yang berdasarkan data dan merujuk pada pendapat adalah definisi dari kata rujukan.

3. Menurut Praptomo Baryadi Isodarus, kata rujukan memiliki arti sebuah kata yang dipakai untuk merujuk pada bagian teks sebelumnya maupun setelahnya dalam sebuah kalimat. Kata rujukan ini memiliki fungsi sebagai kata penghubung pada bagian-bagian teks atau sebagai kohesi.

4. Menurut Raditya Panji Umbara dalam buku Panduan Resmi Tes CPNS CAT 2019/2020), kata rujukan adalah kata yang merujuk kepada kata lain yang memperlihatkan keterkaitannya dengan pernyataan sebelumnya.

Fungsi kata rujukan

Kata rujukan berfungsi sebagai penghubung antarkalimat agar sebuah paragraf terlihat kohesif atau menyatu. Jadi, kata rujukan dipakai untuk menghindari pengulangan kata yang terasa monoton saat dibaca atau didengar.

Jenis-jenis kata rujukan

Kata rujukan sendiri mempunya beberapa Jenis. Dikutip dari buku Bahasa Indonesia (2019) karya Eti Wati, kata rujukan dibagi menjadi tiga jenis. Berikut ini adalah jenis-jenis kalimat rujukan.

1. Kata rujukan benda

Kata rujukan benda merupakan kata ganti yang digunakan untuk merujuk pada suatu benda atau hal yang dianggap sebagai sebuah benda. Beberapa contoh kata rujukan benda adalah ini, itu, dan tersebut.

2. Kata rujukan orang

Kata rujukan jenis ini merupakan kata rujukan yang mengacu pada orang atau suatu hal yang diperlakukan seperti orang. Dalam penggunaan sehari-hari, jenis kata rujukan orang dapat diwakili oleh kata dia, ia, mereka, beliau, dan lain-lain.

3. Kata rujukan tempat

Kata rujukan tempat digunakan sebagai kata ganti tempat atau acuan pada suatu tempat. Beberapa contoh kata rujukan tempat antara lain ialah di sana, di sini, di situ, dan sebagainya.

(brl/lea)