Brilio.net - Terdapat beberapa macam cara untuk menyusun kalimat bahasa Indonesia. Dalam suatu klausa terdapat unsur-unsur penyusunnya sendiri untuk membentuk sebuah kalimat. Namun untuk menyusun kalimat, penulis harus melihat hubungan logis antara klausa satu dengan klausa lainnya agar kalimat yang dibuat tidak membingungkan para pembaca.

Oleh karena itu kalimat kompleks perlu dipahami, agar seorang penulis tidak kebingungan bagaimana cara menghubungkan klausa.

Sebelum mengetahui contoh-contoh dari kalimat kompleks, alangkah baiknya mempelajari pengertian, ciri, dan unsur kalimat kompleks terlebih dahulu. Berikut adalah penjelasan lengkap tentang kalimat kompleks yang brilio.net rangkum dari beberapa sumber pada Senin, (21/11).

Pengertian kalimat kompleks.

25 Contoh kalimat kompleks lengkap © 2022 berbagai sumber

foto: pixabay.com

Kalimat kompleks atau sering dikenal dengan majemuk bertingkat merupakan kalimat yang memiliki dua klausa, yaitu terdiri dari klausa utama (induk kalimat) dan klausa kedua subordinatif (anak kalimat). Dalam struktur kalimat, klausa utama bisa berdiri sendiri sebagai kalimat lepas dan klausa subordinatif tidak bisa berdiri sendiri sebagai kalimat mandiri.

Kalimat subordinatif (anak kalimat) berfungsi sebagai pengembangan kalimat. Sehingga hubungan antar kedua klausa tidak sederajat atau tidak sejajar. Fungsi klausa subordinatif yaitu dapat digunakan sebagai pelengkap objek, subjek, dan fungsi keterangan.

Kalimat kompleks biasanya digunakan penulis untuk menyusun suatu karangan dan cerita fantasi. Karena kalimat kompleks sendiri bisa terdiri dari dua klausa, tiga klausa, sampai tujuh klausa. Hal yang perlu dipahami penulis yaitu melihat tentang hubungan logis antara klausa utama dan klausa subordinatif. Hubungan ini dapat berupa keterangan waktu, tempat, cara, sebab akibat, dan objek.

 

 

 

Mgg: Agung Pradana Putra