Brilio.net - Dalam bahasa Indonesia juga mempunyai pembahasan yang luas tentang jenis-jenis kalimat. Seseorang yang dikatakan sudah bisa menguasai materi-materi tentang bahasa Indonesia, tentunya sudah sangat tidak asing dengan kata inversi dalam bahasa Indonesia. Namun untuk sebagian orang yang baru belajar bahasa Indonesia, mungkin kata inversi merupakan kata yang asing untuk didengar.

inversi © 2022 brilio.net

Foto: pexels.com

Pengertian kalimat inversi

Kalimat inversi merupakan kalimat yang predikatnya mendahului subjeknya, kalimat inversi merupakan kebalikan dari susunan kalimat versi. Kalimat versi adalah suatu kalimat yang mempunyai unsur atau pola kalimat sehingga membentuk kalimat dengan pola berurutan, yaitu S-P- O-K. Sedangkan kalimat inversi memiliki unsur atau pola kalimat yang membentuk pola PSOK, PSO, dan lain sebagainya. Biasanya penulisan kalimat inversi ini selalu beriringan dengan kalimat versi, dan dapat berupa penekanan terhadap makna dari suatu kalimat. Fungsi inversi sendiri dalam sebuah kalimat yaitu dapat digunakan untuk mempercantik suatu tulisan. Apabila ada sebuah kalimat terasa janggal atau kurang pas, maka dapat menggunakan inversi untuk memperjelas keutuhan informasi.

Ciri-ciri kalimat inversi

Kalimat inversi mempunyai beberapa ciri tersendiri agar dapat dibedakan dari kalimat lainnya. Berikut beberapa ciri dari kalimat inversi.

a. Kalimat inversi selalu didahului oleh kata kerja atau verb.
b. Kalimat inversi lebih menekankan arti dari sebuah kalimat.
c. Predikat kalimat inversi selalu mendahului subjek.
d. Objek dan lampiran kalimat inversi lebih bebas (bisa ada atau tidak ada).
e. Makna dari kalimat inversi lebih tegas dibandingkan dengan kalimat versi.

inversi © 2022 brilio.net

Foto: pexels.com