Contoh kalimat yang mengandung kata rujukan

1. Salah satu cara untuk mencegah banjir adalah dengan tidak membuang sampah sembarangan. Sayangnya, banyak orang yang masih tidak menyadari hal itu. (Kata "itu" di akhir kalimat merujuk pada perilaku "tidak membuang sampah sembarangan" dari kalimat sebelumnya).

2. Minggu lalu Jiya membaca novel Perahu Kertas karangan Dewi Lestari, novel ini menjadi salah satu novel terbaik yang pernah dijadikan film. (Kata "ini" dalam kalimat tersebut menjadi kata rujukan pada novel bertajuk Perahu Kertas yang sudah disebutkan pada kalimat sebelumnya.

3. Maya baru saja membeli ponsel baru. Laptop itu dibeli dari hasil keringatnya sendiri dengan berjualan nasi uduk di sekolah. (Kata "itu" mengacu pada "ponsel baru" yang dibeli Maya).

4. Kemarin Maya membeli buku pelajaran. Buku ini harganya cukup murah karena mendapatkan diskon khusus. (Kata ini merujuk pada buku yang dibeli Maya).

5. Amir baru saja membayar uang iuran keamanan di lingkungan rumahnya. Uang tersebut didapatkan Amir dari kakaknya. (Kata tersebut merujuk pada uang yang dibayarkan Amiruntuk iuran keamanan).

6. Setiap siswa pasti memiliki kenangan menyenangkan bersama Pak Amir. Sebab, beliau merupakan salah satu guru yang suka melawak di kelas. (Kata "beliau" merujuk pada "Pak Amir" dari kalimat sebelumnya).

7. Maya merupakan anak yang cerdas. Dia selalu mendapatkan nilai 100. (Kata "ia" merujuk pada Maya).

8. Agsa merupakan atlet basket terbaik di sekolahku. Dia sangat mahir bermain basket karena rajin berlatih sepulang sekolah. (Kata "dia" merujuk kepada "Agsa" dari kalimat sebelumnya).

9. Maya adalah anak yang rajin. Karena dia sering membantu orangtuanya membersihkan rumah dan merawat kebun. (Kata dia merujuk kepada Maya).

10. Agsa, Maya, Naswa, dan Amir pergi ke kebun binatang. Mereka berangkat pagi tadi dan baru saja pulang. (Kata mereka merujuk pada Agsa, Maya, Naswa, dan Amir).

11. Stadion Gelora Bung Karno (GBK) sudah sangat ramai disesaki oleh pendukung tim nasional Indoensia. Sebab, di sini nanti akan diadakan laga persahabatan Indonesia melawan Thailand. (Kata "di sini" merujuk pada "Stadion GBK" yang disebutkan di kalimat awal).

12. Maya tinggal di Jalan Merak Nomor 3. Di sana dia tinggal bersama nenek dan kakaknya. (Kata "di sana" mengacu pada alamat tinggal "Jalan Merak Nomor 3" dari kalimat sebelumya).

13. Setelah kuliah, aku ingin bekerja di Yogyakarta. Di sana aku ingin mengabdikan diri untuk masyarakat. (Kata "di sana" merujuk pada tempat "Yogyakarta" yang disebutkan pada kalimat awal).

14. Bali menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Indonesia. Di sana ada banyak tempat wisata, contohnya Pantai Kuta. (Kata di sana merujuk pada Bali).

15. Toko Semesta banyak diminati karena menjual berbagai kebutuhan. Di situ, kamu bisa membeli peralatan sekolah. (Kata di situ merujuk pada Toko Semesta).

 

Penulis: Magang/Agung Pradana Putra